Pilkades Singojuruh Diprediksi Rawan Konflik, Ternyata Berjalan Aman Kondusif

Kabaroposisi.net | BANYUWANGI – Informasi media yang beredar dari hasil pemetaan kepolisian zona rawan konflik pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Banyuwangi Rabu tanggal 25 Oktober 2023. Ada 4 Kecamatan diantaranya Kecamatan Kalibaru, Kecamatan Singojuruh, Kecamatan Muncar, dan Kecamatan Pesanggaran.

Tak pelak untuk antisipasi hal-hak yang tidak diinginkan di beberapa wilayah tersebut (4 Kecamatan), digelar operasi pengaman Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang melibatkan unsur TNI/Polri, Brimob, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) hingga Linmas setempat. Salah satunya pengondisian pengamanan ekstra terpantau media di pelaksanaan Pilkades Cantuk Kecamatan Singojuruh.

Bacaan Lainnya

Alhamdulillah berkat kerjasama dan koordinasi yang baik jajaran Forpimka merespon informasi kerawanan dengan Pemdes, BPD, Panitia, para Calon Kepala Desa berikut Tim Sukses masing-masing Calon. Pelaksanaan Pilkades di Desa Sumberbaru, Desa Cantuk, dan Desa Alasmapang berjalan lancar dan aman terkendali. Sampai dilansirnya berita ini situasi kondisi 1 hari pasca Pilkades di wilayah Kecamatan Singojuruh aman kondusif.

Khususnya pada pelaksanaan Pilkades Cantuk, tampak jajaran Forpimka (Camat Singojuruh Drs. Anas Sugiarto, Kapolsek Singojuruh AKP Arif Wahyudi, SH, Danramil 0825/13 Singojuruh Kapten Kaveleri Mathori) berikut jajaran masing-masing. Kawal ketat dan pantau jalan kegiatan pemungutan suara Pilkades Cantuk yang terpusat di Lapangan Olah Raga Desa Cantuk itu.

Begitu pula di beberapa titik tertentu, terlihat personil pengamanan TNI/Polri (Brimob), Satpol PP, dan Linmas setempat berjaga-jaga pantau dan kendalikan kehadiran masyarakat pemilih. Sebelum menuju lokasi Pilkades Cantuk Plt. Camat Singojuruh bersama Tim Pemnatau Kabupaten Banyuwangi Edy Supriyono (Staf Ahli Pemkab Banyuwangi. Sambangi Sekretariat Pilkades di Desa Alasmalang dan Desa Sumberbaru.

“Puji syukur alhamdulillah kehadirat Allah SWT, pelaksanaan Pilkades di Kecamatan Singojuruh berlangsung sukses, aman, lancar, dan kondusif. Saya atas nama Pemerintah Kecamatan mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang telah membantu mensukseskan penyelenggaraan Pilkades 2023 terutama kepada petugas keamanan TNI/Polri, Pol-PP, serta Linmas. Juga kepada para Cakades, Pemdes, BPD, Panitia Pilkades dan teman-teman KPPS yang telah bekerja keras. Secara khusus ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Sumberbaru, Cantuk, dan Alasmalang. Yang telah bersama-sama menjaga mengawal dan ikut serta berpartisipasi mensukseskan Pilkades yang jujur, adil, tertib, aman, damai dan kondusif”, tutur Drs. Anas Sugiarto Plt. Camat Singojuruh Kamis 26/10/2023.

Informasi hasil pelaksanaan Pilkades di 3 Desa (Sumberbaru, Cantuk, Alasmalang), berdasarkan hasil penghitungan suara. Calon Kepala Desa terpilih di Desa Sumberbaru Calon No. Urut : 4 atas nama Eko Wahyudi, Calon Kepala Desa terpilih di Desa Cantuk Calon No. Urut : 1 atas nama Imam Gozali, dan Calon Kepala Desa terpilih di Desa Alasmalang Calon No. Urut : 4 atas nama H. Abdul Munir. (r35).

Pos terkait