Publikasi Kinerja Pemerintah Desa Sumber Agung periode 2019 – 2022

Kabaroposisi.net | Blora – Publikasi kinerja pemerintah desa Sumberagung kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora periode 2019 sampai dengan 2022 mencakup berbagai aspek pembangunan seperti pembangunan infrastruktur, pemberdayaan ekonomi masyarakat, kesejahteraan sosial, pemberdayaan perempuan dan pemuda, dan lain sebagainya. Disusun dalam Rencana pembangunan jangka menengah desa ini melalui proses partisipatif dengan melibatkan masyarakat desa, lembaga desa, dan pemerintah desa sebagai pemangku kepentingan yang terlibat dalam pembangunan di desa dengan musyawarah desa maupun musyawarah rencana pembangunan desa.

Dalam periode kepimpinan 2019 sampai 2025 yang dilakukan Kepala Desa Sudarso perencanaan pembangunan disusun secara terencana, terukur, dan dapat diamati serta memiliki target yang jelas dalam mencapai tujuan pembangunan di desa. Dalam perencanaan pembangunannya juga memperhatikan keterpaduan antara program dan kegiatan pembangunan dengan rencana pembangunan tingkat kabupaten/kota dan provinsi.

Pembangunan pemerintah desa Sumberagung periode tahun anggaran 2019 sampai 2022 bersumber dari ditampilkan dalam tabel di

Capaian kinerja pemerintah desa Sumberagung merujuk pada keberhasilan atau kegagalan dalam mencapai tujuan dan hasil yang diharapkan oleh pemerintah desa tersebut. Capaian kinerja pemerintah desa bisa mencakup berbagai aspek, seperti pembangunan infrastruktur, pelayanan publik, pengelolaan keuangan desa, kesejahteraan masyarakat, dan lain sebagainya.

RPJMdes adalah singkatan dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa. RPJMdes adalah rencana strategis yang memuat program dan kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan dalam jangka waktu lima tahun di tingkat desa. RPJMdes merupakan dokumen yang penting dalam pengelolaan pembangunan di tingkat desa dan juga sebagai acuan dalam penetapan APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa).

Hubungan antara capaian kinerja pemerintah desa Sumberagung dengan RPJM desa Sumberagung adalah bahwa RPJM desa merupakan rencana jangka menengah yang dibuat oleh pemerintah desa untuk mengarahkan dan mengatur pembangunan desa dalam beberapa tahun ke depan. RPJM desa biasanya terdiri dari visi, misi, tujuan, sasaran, program, dan kegiatan yang akan dilakukan oleh pemerintah desa.

Capaian kinerja pemerintah desa Sumberagung akan menjadi tolak ukur untuk melihat sejauh mana RPJM desa berhasil diimplementasikan. Jika capaian kinerja sesuai dengan target yang ditetapkan dalam RPJM desa, maka dapat dikatakan bahwa pelaksanaan RPJM desa berhasil. Namun, jika capaian kinerja tidak sesuai dengan target yang ditetapkan, pemerintah desa perlu melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap RPJM desa yang ada.

Dengan demikian, hubungan antara capaian kinerja pemerintah desa Sumberagung dengan RPJM desa Sumberagung adalah bahwa capaian kinerja akan menjadi ukuran keberhasilan implementasi RPJM desa tersebut.

Pelatihan Las penambah skill pada warga desa Sumberagung yang dihadiri cama Banjarejo

Kependudukan desa Sumberagung Seluruh warga masyarakat Desa Sumberagung adalah Muslim ( Islam ) tahun 2023 Jumlah usia produktif lebih banyak dibanding dengan usia anak-anak dan lansia. Perbandingan usia anak-anak, produktif, dan lansia adalah sebagai berikut: 43% : 42% : 15 %. Dari 6.149 jumlah penduduk yang berada pada kategori usia produktif laki-laki dan perempuan jumlahnya hampir sama / seimbang. Kesejahteraan Jumlah KK Sedang mendominasi yaitu 43% dari total KK, KK pra sejahtera 19%, KK sejahtera 5 % KK Kaya 2 %. dan KK Miskin 31 %. Dengan banyaknya KK prasejahtera inilah maka Desa Sumberagung termasuk dalam DESA TERTINGGAL

Mayoritas mata pencaharian penduduk adalah petani dan buruh tani. hal ini disebabkan karena sudah turun temurun sejak dulu bahwa masyarakat adalah petani dan juga minimnya tingkat pendidikan menyebabkan masyarakat tidak punya keahlian lain dan akhirnya tidak punya pilihan lain selain menjadi buruh tani dan buruh Petani.

Untuk peningkatan tarap hidup masyarakat kepala desa melalui program pemberdayaan masyarakat desa lakukan berbagai pelatihan bagi perempuan, generasi muda, bertujuan menambah pengetahuan maupun keahlian bisa diterapkan oleh warga dan mampu berikan pendapatan lebih hingga mampu meningkatkan taraf ekonomi warga

Tingkat Pendidikan untuk kesadaran tentang pentingnya pendidikan terutama pendidikan 9 tahun baru terjadi beberapa tahun ini sehingga jumlah lulusan SD dan SLTP mendominasi peringkat Pertama. Kemudian lulusan Sekolah Menengah Atas menjadi urut kedua, yang disusul bersekolah di jenjang tingkat sarjana atau universitas diangka 0,2 %

Pembangunan pemerintah desa Sumberagung yang dipimpin Sudarsono RPJMdes mencakup berbagai aspek pembangunan seperti pembangunan infrastruktur, pemberdayaan ekonomi masyarakat, kesejahteraan sosial, pemberdayaan perempuan dan pemuda, dan lain sebagainya. RPJMdes disusun melalui proses partisipatif dengan melibatkan masyarakat desa, lembaga desa, dan pemerintah desa sebagai pemangku kepentingan yang terlibat dalam pembangunan di desa.

RPJMdes juga harus disusun secara terencana, terukur, dan dapat diamati serta memiliki target yang jelas dalam mencapai tujuan pembangunan di desa. Dalam RPJMdes juga harus diperhatikan keterpaduan antara program dan kegiatan pembangunan dengan rencana pembangunan tingkat kabupaten/kota dan provinsi.

Pembangunan infrastruktur di desa Sumberagung dari jalan desa sudah masuk 87persen sudah terbangun dari anggaran belanja pemerintah desa Sumberagung, pada tahun 2023  pembangunan infrastruktur masuk diangka 92persen, pembangunan di segala bidang perlu berkelanjutan. (Advertorial)

Pos terkait