Michael : Mari Kita Sungguh-Sungguh Jadikan Pancasila Sebagai Landasan Hidup Berbangsa dan Bernegara

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI – Hari lahirnya Pancasila adalah pada Tanggal : 1 Juni tahun 1945. Sehingga Pemerintah menetapkan Tanggal 1 Juni sebagai hari libur Nasional dalam rangka memperingati “Hari Lahirnya Pancasila”. Yang mana menurut sejarah, Tanggal 1 Juni adalah tanggal pertama kalinya Pancasila diperkenalkan sebagai dasar Negara dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-Uasaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Pada peringatan hari lahirnya Pancasila 1 Juni 2024, Michael Edy Hariyanto, SH.,MH Ketua DPC Partai Demokrat yang juga selaku salah satu Pimpinan DPRD Banyuwangi. Mengajak semua pihak untuk bersungguh-sungguh menjadiakan Pancasila sebagai pedoman hidup berbangsa dan bernegara. Mengutip apa yang disampaikan oleh Bung Karno, Michael katakan bahwa Pancasila adalah folosofi hidup bangsa.

Bacaan Lainnya

“Mari kita sebagai generasi penerus perjuangan para pendiri bangsa, menjadikan moment 1 Juni memperingati hari lahirnya Pancasila. Tidak hanya sekadar mengingat-ngingat hari, tanggal, bulan, dan tahun lahirnya saja. Namun hendaknya jadi edukasi dan intropeksi diri kita, apakah prilaku hidup kita sebagai bangsa apapun posisinya sudah betul-betul sejalan dengan Pancasila. Mari kita menghormati dan menghargai ide dan gagasan muliya dari para pendiri bangsa yang tertuang pada dasar negara kita Pancasila. Beruntung kita punya Pancasila, andai tidak ada Pancasila bagaimana nasib negara kita di tengah persaingan global dan dinamika politik nasional juga internasional seperti yang sekarang ini”, ungkap orang nomer satu di Partai Demokrat Banyuwangi itu Minggu 2/6/2024.

Sedikit menyampaikan pandangannya, Michael mengulang apa yang pernah disampaikan Bung Karno bahwa Pancasila adalah folosofi hidup bangsa. Menurutnya, sebagai wujud menghargai dan menghormati perjuangan para pendiri bangsa. Harus dapat memaknai Pancasila selain sebagai dasar negara juga menjadikan Pancasila sebagai ideologi serta landasan berperilaku dalam kehidupan berbangsa dan bernegara bagi masyarakat. (r35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *