Antisipasi Longsor Dan Banjir Pemdes Nglurup Bangun Talut Dan Gorong Gorong

Kabaroposisi.net | Tulungagung – Saat musim penghujan tiba banyak kejadian bencana banjir dan longsor, terutama di daerah pedesaan yang terletak di dataran tinggi. Untuk itu sangat penting adanya pembangunan fisik di desa yang terdapat aliran sungai. Hal ini yang menjadi perhatian khusus oleh Pemerintah Desa Nglurup Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung. Mengingat Desa Nglurup merupakan salah satu Desa yang ada di Kabupaten Tulungagung yang terletak di dataran tinggi. Sehingga pembangunan infrastruktur jalan desa dan jembatan penghubung antar wilayah desa begitu sangat penting.

Untuk itu Pemerintah Desa Nglurup telah melaksanakan salah satu pembangunan talut dan gorong gorong di salah satu wilayah desa tepatnya di dukuh Pakem Dusun Jambuwok. Pembangunan Talut dan gorong gorong tersebut dikarenakan rawan longsor dan terlalu sempit untuk dilalui karena bertepatan di jalan penghubung antar dusun untuk itu perlu pelebaran biar bisa mempermudah alur transportasi warga.

Bacaan Lainnya

Menurut Suji , Kepala Desa Nglurup menuturkan, ” Pembangunan talut dan pelebaran bok deker ini karena rawan longsor dan terlalu sempit sehingga alur lalu lintas tidak bisa lancar, untuk itu dengan pembangunan ini bisa memperlancar kegiatan lalu lintas warga yang merupakan peternak sapi yang mengandalkan penghasilan dari susu sapi.”

Adapun harapan ke depan menurut Kepala Desa semoga pembangunan yang lain mudah mudahan bisa secepatnya mengikuti dan menyempurnakan supaya alur ekonomi lebih lancar dari sebelumnya dan taraf hidup warga Jambuwok lebih meningkat. Adapun pembangunan talut dan gorong gorong tersebut diambilkan dari Anggaran Dana Desa tahun 2024.

Dengan adanya pembangunan pelebaran Bok Deker dan talut tersebut mendapatkan apresiasi dari warga Dusun Jambuwok, karena mereka merasakan manfaat nya sudah tidak sempit lagi dilalui sehingga transportasi lalu lintasnya lebih lancar. (yd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *