Fashion Show Berbahan Sampah Plastik Semarakkan Event Jombang Eco Creative

Kabaroposisi.net | Jombang – Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kebon Ratu Jombang yang ada di Desa Keplaksari, Peterongan, Jombang pada Sabtu (29/6/2024) pagi, terlihat semarak dengan digelarnya event Jombang Eco Creative (JEC) 2024.

Kegiatan yang merupakan Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Kabupaten Jombang ini disemarakkan dengan Fashion show yang diikuti oleh 72 peserta dengan memakai busana dari daur ulang bahan bekas dan bahan ramah lingkungan. Sabtu (29/6/2024).

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jombang, Miftahul Ulum ketika diwawancara menyampaikan bahwa fashion show merupakan rangkaian puncak peringatan hari Lingkungan Hidup yang dibuka oleh Pj Bupati Jombang.

“Mulai dari tanggal 5 Juni hingga tanggal 29 Juni 2024 ada beberapa rangkaian kegiatan termasuk, cerdas cermat lingkungan hidup (CCLH), lomba fotografi, sekarang hari terakhir fashion show yang bertempat di ruang terbuka Hijau (RTH) Kebon Ratu Jombang,” ujarnya.

Ia menambahkan, di setiap rangkaian kegiatan memperingati Hari Lingkungan Hidup, bertujuan menggali inovasi, kreatif pegiat lingkungan masyarakat.

“Terbukti antusias masyarakat sangat baik, bahkan terlihat banyak masyarakat yang mendatangi Kebonratu melihat stand pameran full hingga tidak ada lapak kosong,” katanya

Sedangkan pada fashion show diikuti sebanyak 72 peserta, terdiri dari SMA/Umum, SMP dan SD. Untuk bahan dasar fashion show, yang dipakai harus berasal dari sampah-sampah plastik yang tidak bisa dimanfaatkan lagi. Bahan fashion digunakan peserta harus murni dari sampah.

“Harapan kami, supaya sampah dapat terkurangi dari sumbernya, supaya masyarakat memanfaatkan sampah yang berada di rumah, sehingga sampah berkurang dan sampah ke TPA menjadi lebih sedikit. Semoga menjadi kesan pertanda penting supaya kita kedepannya lebih baik lagi,” harapnya.

“Masalah lingkungan adalah tanggung jawab bersama, mari kita secara bersama-sama menanggung beban supaya lingkungan menjadi lebih baik dengan cara tidak membuang sampah sembarangan,” pungkasnya.

Perlu diketahui, inilah nama nama pemenang Fashion Show daur ulang kategori SD/SMP, Juara 1, Nabila MTSN 16 Jombang. Juara 2, Kirana Levalina SMPN 2 Jombang. Juara 3, Chaila SMPN 1 Kudu. Juara Harapan 1, Jihan Aqila Putri. Juara Harapan 2, Abhisna Himalaya. Juara Harapan 3, Celvi Ciptaning

Juara Lomba Fashion Show kategori SMA/Umum, Juara 1, Zamara Bakti MAN 4 Jombang. Juara 2, Ling Ling Puspitasari SMAN Jogoroto. Juara 3, Maya anjelina (Daur Ulang Jombang). Juara Harapan 1, Amelia Rizky SMAN Jogoroto. Juara Harapan 2, Anggun Puspa MAN 1 Jombang. Juara Harapan 3, Nurma Efiana SMAN Jogoroto.(tyas)

Pos terkait