Peserta Kirab Budaya Desa Sragi Paling Buncit, Ternyata Pasukan Khusus Sapu Bersih

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI – Kegiatan Kirab Budaya dalam rangka memeperingati Jari Jadi Sragi (HARJASA) Ke – 121, sekaligus menyogsong HUT Kemerdekaan RI Ke – 79. Yang digelar oleh Pemerintah Desa Sragi Kecamatan Songgon Sabtu 27/7/2024. Melibatkan ribuan masyarakat baik dalam maupun luar Desa Sragi.

Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa kegiatan Kirab Budaya yang digelar Pemerintah Desa Sragi, membawa berkah bagi para Pedagang Asongan, Pedagang Kaki Lima, dan UMKM lokal. Sementara pengamatan media, kanan-kiri sepanjang rute Kirab mulai dari Start di Dusun Kendal sampai Finish di Lapangan Sragi. Banyak berdiri lapak-lapak instan tidak permanen milik warga berjualan jajanan dan minuman di pinggir jalan.

Bacaan Lainnya

Tak ayal bila sampah-sampah bekas kemasan makanan dan minuman terlihat banyak berserakan. Terlebih di tempat Finish sekitar area Lapangan Sragi yang memang jadi tempat akhir berkumpulnya peserta Kirab Budaya dan masyarakat. Namun sepertinya baik Panitia maupun Pemerintah Desa tidak ingin menyisakan kesan kurang baik dibalik kemeriahan acata yang dihelarnya.

Sebagaimana ugkapan yang sering kita dengat, “berani berbuat harus bertanggung jawab”, itulah yang dilakukan oleh Panitia Penyelenggara dan Pemerintah Desa. Menjawab ungkapan tersebut, ternyata Panitia Penyelenggara Kirab Budaya Desa Sragi. Sudah persiapkan pasukan khusus sapu bersih di barisan paling buncit peserta Kirab Budaya. Mereka adalah pemuda Dusun Sragi Tengah dibawah komando dr. Syamsul, sembari joget seadanya ikuti irama audio Sound System, bawa kantong plastik. Ambili sampah-sampah sisa kemasan makanan dan minuman yang berserakan di sepanjang jalan rute Kirab Budaya.

Sementara Unsur Pemerintah Desa Sragi bersama seluruh jajaran Panitia Penyelenggara. Kesokan harinya lakukan kegiatan bersih-bersih sampah di sekitar area Lapangan Sragi titik akhir berkumpulnya masyarakat dan peserta Kirab Budaya. Pasalnya pasca kegiatan Kirab Budaya, lingkungan sepanjang rute Kirab Budaya Desa Sragi. Mulai dari Start di Dusun Kendal sampai Finish Lapangan Sragi, kembali terlihat bersih bebas dari sampah. (r35).

Pos terkait