Koramil 0825/13 Singojuruh, Pembinaan Jaring Teritorial Triwulan IV TA 2019

Kabaroposisi.net (Banyuwangi)

Di Balai Desa Alasmalang Kecamatan Singojuruh Banyuwangi Kamis 07/11/2019 berkumpul seluruh RT, RW, dan Lembaga Pemerintahan Desa. Mereka hadir dalam rangka mengikuti “Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial Triwulan IV TA 2019 “ oleh Koramil 0825/13 Singojuruh angkat tema “Mewujudkan Stabilatas Keamanan Serta Ketahanan”.

Bacaan Lainnya

Pembinaan atau sebagai penyampai materi dilakukan langsung oleh Danramil Singojuruh Kapten Inf. Suparman. Batuud Pelda Didin Wahyudin, Bati Komsos Serma Budi Hermawan, Babinsa Alasmalang Serda Moh. Sirojul Huda dan seluruh jajaran Koramil 0825/13 Singojuruh lainnya. Pantauan media bertindak selaku pemandu acara tersebut Serka Bambang Suprapto.

Kades Alasmalang (Hadi Surigo) saat berikan sambutan. foto:ktb.

Setelah pembukaan dan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya disambung sambutan Kepala Desa Alasmalang Hadi Surigo selaku yang berketempatan. Kades Hadi Surigo menyampaikan ucapan terima kasih kepada Koramil Singojuruh sehubungan dengan digelarnya acara Pembinaan tersebut. Menurut Kades Pembinaan yang akan diberikan kepada masyarakatnya melalui RT, RW, dan Lembaga Desa, sangat diperlukan. Dan kepada hadirin Kades Hadi Surigo meminta untuk dengan sungguh -sungguh mengikuti acara tersebut.

Dalam pembinaannya Kapten Inf. Suparman awali dengan menyampaikan bahwa Koramil setiap triwulan di tahun 2019 laksanakan program Pembinaan Jarak Jaring Teritorial kepada lapisan masyarakat. Dimaksutkan apabila di tingkat RT/RW ada permasalahan sekecil apapun informasinya akan langsung menyebar ke seluruh lapisan masyarakat. Maka dipakailah filosofi ” Jaring ( Jaring Laba – Laba ) ” yang mana sesuai dengan sifatnya bila “Jaring Laba – Laba” satu sisi saja tersentuh sedikit akan bergetar semuanya.


“Kita dari Koramil di tingkat desa ada Babinsa, jadi antara RT, RW harus menyampaikan setiap permasalahan dibawah. Agar setiap permasalahan bisa cepat teratasi dan tidak menyebar kemana mana. Pak RT, Pak RW harus sering dan saling kordinasi dengan Babinsa dan segera dibuat laporannya. Jadi intinya Pembinaan Jarak Jaring Teritorial ini adalah RT/RW dan Masyarakat agar bisa menjadi sumber informasi yang khususnya menyangkut permasalahan kehidupan bermasyarakat “, papar Danramil.

Pada kesempatan tersebut Danramil juga informasikan terkait kegiatan – kegiatan Koramil yang lain. Diantarnya yang sedang berjalan adalah program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 18 unit rumah warga. Terkait situasi dan kondisi saat pasca Pilkades meskipun Desa Alasmalang tidak ikut melaksanakan Pilkades, seyogyanyan tetap menjaga kondusifitas lingkungan dan masyarakat di wilayah masing – masing.

“Harapan kami melalui pembinaan Jarak Jaring Teritorial ini, pertama di Desa Alasmalang RT, RW bisa berkolaborasi dengan Babinsanya. Kedua RT, RW wajib tau siapa Babinsanya begitu pula Sebaliknya”.

Diakhir penyampaiannya Danramil menghimbau kepada masyarakat Desa Alasmalang apabila ada oknum yang mengatasnamakan dari Institusi TNI atau nama Komandan minta ini minta itu. Hendaknya segera hubungi Koramil atau Babinsanya untuk menghindari hal – hal yang tidak dinginkan dan merugikan masyarakat.

Acara ditutup dengan doa dan dilanjutkan dengan pemberian sedikit tali asih kepada hadirian RT, RW, dan Lembaga Desa. Sebagai ucapan terima kasih atas berkenannya hadir dan mengikuti acara tersebut. (rh35/ktb).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *