Akses Jalan Usaha Tani Desa Blado Wetan Dibangun Rabat Beton

Probolinggo, kabaroposisi.net,-

Upaya meningkatkan perekonomian disektor pertanian, Desa Blado Wetan, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo Provinsi Jawa Timur, telah dibangun jalan usaha Tani fisik, rabat beton. Yang berlokasi di Dusun Tugu, sebagaimana jalan tersebut dibangun guna memperlancar akses pengangkutan hasil pertanian.

Kepala Desa Blado Wetan (H.Zaenullah) mengatakan, pihaknya terus mengenjot program pembangunan infrastruktur jalan. Salah satu diantara jalan yang sudah di bangun di dusun Tugu tujuannya memperlancar petani setempat untuk menjual hasil pertanian.

“Tahun ini kami masih fokus pembangunan infrastruktur jalan.  melalui kucuran Dana Desa 2019, kami bangun jalan pertanian di Dusun Tugu. Sebab, selama ini jalan tersebut sulit dilalui ketika hujan,” kata dia, (20/12/2019).

Zaenullah mengatakan jalan akses Pertanian tersebut memiliki panjang 176 meter, lebar 3.0 meter dengan ketebalan 0.0.20 meter. Adapun anggaran yang dialokasikan sebesar Rp.142.497.400.

Zaenullah berharap dengan dibangunnya jalan rabat beton tersebut mampu mendongkrak perekonomian masyarakat setempat di sektor pertanian. Sebab, jika transportasi lancar, maka biaya ongkos angkut hasil pertanian akan rendah.

“Kalau selama ini, petani dalam mengangkut hasil pertanian selalu terkendala dengan biaya ongkos angkut karena aksesnya sulit dilalui. Nah, dengan dibangun jalan rabat beton, secara otomatis biaya ongkos angkut pasti akan lebih rendah,” kata dia.

Terealisasinya bangunan jalan Rabat Beton di Dusun Tugu cukup dirasakan manfaatnya oleh warga atau masyarakat sekitar, sebagaimana dikatakan oleh salah satu warga yang tidak mau disebut namanya. “st” mengatakan,

“Dengan terbangunnya jalan ini saya ataupun kami warga yang ada di dusun Tugu ini merasa sangat terbantu, karena kami sudah tidak perlu lagi repot dan takut tergelincir meski di musim hujan baik maupun hendak bepergian ke sawah maupun bersilaturahmi ke saudara dan kerabat yang ada di Desa Sebelah.”.. (Ungkapnya)

Diketahui pembangunan jalan Rabat Beton di Desa Blado Wetan kecamatan Banyuanyar, sebelah ujung timur berbatasan dengan permukiman warga dengan akses ke lahan persawahan sekaligus juga merupakan jalan Alternatif/ penghubung antar desa, antara desa Bladowetan kecamatan Banyuanyar dan Desa Bladokulon kecamatan Tegalsiwalan. (win)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *