Horeee…Warga Aliyan Bisa Urus Sertifikat Murah Melalui PTSL

Kabaroposisi.net (Banyuwangi)

Memiliki Sertifikat atas harta kekayaan pribadi adalah suatu kebanggaan tersendiri. Selain secara hukum harta yang dimiliki mutlak status hak kepemilikannya. Setidaknya dengan memiliki Sertifikat bisa buat agunan di Bank ketika butuh modal usaha.

Hari ini Rabu 12/02/2020 warga Desa Aliyan Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi dihadirkan ke Balai Desa. Guna mengikuti sosialisasi Program Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap (PTSL) dari petugas Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Banyuwangi. Artinya ribuan warga Desa Aliyan ada peluang untuk bisa mensertifikat hartanya dengan mudah dan murah melalui PTSL.

Selain warga hadir juga pada acara sosialisasi diantaranya unsur Polri Kasat Bimas Polresta Banyuwangi, unsur Kejaksaan, dan tentu petugas dari BPN yang membidanginya. Sosilaisasi diberikan oleh petugas BPN dengan maksut supaya warga mengerti sarat-sarat yang harus dipenuhi bila mengajukan pembuatan Sertifikat melalui program PTSL.

Kepala Desa Aliyan Anton Sujarwo, SE kepada awak media mengaku sangat berterima kasih pengajuan PTSL untuk warga Desa Aliyan terealisasi pelaksanaannya. Ketika ditanya apa tujuan dari Pemerintah Desa Aliyan mengajukan program PTSL, Kades muda dan energik itu menjelaskan.

“Yang jelas tujuan pokonya adalah mensejahterakan masyarakat, setidaknya dengan punya sertifikat bisa dianggunkan ke Bank buat modal usaha. Kali ini Desa Aliyan mendapat jatah kuota sebanyak 3,800 bidang. Untuk biaya pengurusan sesuai dengan SKB tiga Mentri yaitu biaya harus tidak lebih dari 150 ribu. Dan tadi sudah kita sampaikan sama warga, berupa himbauan supaya masyarakat kooperatif dalam proses pengurusan PTSL terutama dalam hal memenuhi sarat-sarat yang dibutuhkan dalam pemberkasan. Dan saya juga minta kepada warga untuk tidak mengajukan pembuatan sertifikat melalui PTSL ini yang asal-usul tanahnya tidak jelas atau dalam sekngketa”, urai Anton Sujarwo.

Ditambahkan oleh Kades Anton, bahwa untuk pelaksanaan pengumpulan data dan pemberkasan. Akan segera dilakukan oleh petugas yang sudah ditunjuk sejak setelah sosilisasi hari ini. (rh35/ktb).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *