Viral Toilet RTH Desa Singojuruh Tak Berfungsi Dikeluhkan Warga

Kabaroposisi.net (Banyuwangi)

Viral di media berita Ruang Tata Hijau (RTH), Desa Singojuruh Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi. Diberitakan fasilitas berupa Toilet tak berfungsi dikeluhkan warga.

Jadi benar adanya informasi berita di media, bahwa ternyata bangunan Toilet yang berada di salah satu sudut RTH Desa Singojuruh. Dalam keadaan tergembok (terkunci), kanan kiri bangunan kumuh seolah tak terawat sama sekali.

Sehubungan dengan hal tersebut awak media konfirmasi Sekdes Singojuruh Habiby via WhatsApp-nya Sabtu 22/02/2020. Awak media awali dengan pertanyakan pengelolaan dan perawatan RTH, dijawab oleh Sekdes Habiby, “Tanggung jawab desa mas, makane (makanya) mas Lincip hang duwe (yang punya warung seng (yang) biasae (biasanya) sampean ngopi ndek (di) warunge iku kita berdayakan sebagai petugas kebersihan di situ”, jawabnya.

Lanjut Habiby urai, “RTH Singojuruh sebenarnya sudah mempunyai keistimewaan sendiri, satu- satunya RTH yang ada sanggar seninya di rumah budaya angklung, pengelolanya mas Adlin Mustika, S.Sen. Seorang pemuda pegiat seni asli Desa Singojuruh, dan kegiatannya disana tabuhan soren yang rutin dilakukan oleh teman-teman pemuda Desa Singojuruh”, urainya tentang keistimewaan RTH Desanya.

Ketika ditanya upaya apa yang akan dakukan sehubungan dengan adanya keluhan warga terkait Toilet tidak berfungsi. Sekdes Habiby mengakui memang tidak berfungsi lanjut dikatakan, “Rehabilitasi toilet sudah kita usulkan ke dinas PU melalui renja SKPD, tahun ini insyaalloh terealisasi, kemarin dari petugas PU sudah tinjau lapang ke RTH”, katanya.

Sementara Kepala Desa Singojuruh Suharto dikonfirmasi hal yang sama via WhatsApp-nya hanya dibuka dan dibaca, namun tak memberikan tanggapan apa-apa.

Pantauan media yang terlihat di RTH Desa Singojuruh sepertinya kontradiktif dengan himbauan Bupati Banyuwangi H. Andullah Azwar Anas setiap dalam pidatonya di acara-acara penting. Kebersihan menjadi prioritas dari bagian program Pemerintah Daerah yang mana semua tempat kalau bisa menjadi Destinasi. Tak hanya itu, Bupati Anas sangking pedulinya kebersihan setiap kunjungan kerja singgah di Masjid-Masjid, dan kantor-kantor Desa selalu menghimbau tentang kebersihan Toilet. (rh35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *