Wiwin Sunrambah : Pentingnya Anak Gemar Makan Ikan

KABAROPOSISI.NET|Jombang, – Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Jombang Bimbingan Teknis Pengolahan Hasil Perikanan Ragam Olahan Hasil Perikanan Di Gedung PKK Kabupaten Jombang Bekerjasama Dengan TP. PKK Kabupaten Jombang.Selasa (22/03/22)

Kepala dinas ketahanan pangan dan perikanan kabupaten Jombang, Nur Kamalia, SKM.MSi menyampaikan harapan agar dapat memberikan sosialisasi informasi bagaimana ketahanan pangan maupun perikanan yang ada di kabupaten Jombang ini lebih baik lagi dan lebih meningkat lagi dan yang terpenting kabupaten Jombang bisa terwujud menjadi kabupaten Jombang yang berkarakter dan berdaya saing.

Bacaan Lainnya

Berhasilnya pembangunan perikanan akan tercapai apabila kegiatan produksi Usaha di tunjang dengan kegiatan bagaimana pengolahan dengan menggunakan teknologi yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan nilai manfaat produksi hasil perikanan dengan harapan dapat meningkatkan pengetahuan wawasan serta dapat mengimplementasikan .

Tujuannya memberikan pengetahuan keterampilan serta dalam rangka depersipikasi olahan ikan yang dapat berinovasi serta bermutu dan bergizi dan di gemari. Mendukung salah satu program pemerintah dalam penanganan stunting.

Perikanan sangat berperan dalam penanganan stunting, karena kita tahu bahwa anak gizi buruk atau stunting maka konsumsi protein nya sangat rendah. Maka bagaimana dia bisa tumbuh tinggi protein nya yakni caranya dengan mengonsumsi protein hewani salah satunya dari ikan yang diimbangi dengan adanya lemak maka dapat pengembangan yang sempurna.

Di selenggarakan dengan harapan dapat meningkatkan sinergitas bagaimana mengembangkan teknologi pengolahan ikan di kabupaten Jombang.
Begitu yang di sampaikan oleh Nur kamalia dan beliau berharap kegiatan ini bisa menjadi bukti konkret bahwa dengan mengkonsumsi ikan masyarakat Jombang akan terpenuhi gizi yang seimbang.

Kegiatan yang diselenggarakan di Kantor PKK Kabupaten Jombang dengan mengundang dari beberapa elemen termasuk PKK 21 Kecamatan dan perwakilan POSYANDU.

Di hadiri ketua PKK Wiwin Sumrambah S.Pt Kepala dinas. Kelapa Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Nur Kamalia. Skm. Msi. Kepala Bidang agribisnis DKPP Nyaminem. SH ME. Narasumber Politeknik KP Sidoarjo Yus Isnaini Wahyu. SPI, MP.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Jombang, Wiwin Isnawati, SPt. dalam menyampaikan materi mengatakan, gemar makan ikan untuk kecerdasan anak perlu adanya gizi zat makanan pokok yang diperlukan bagi pertumbuhan dan kesehatan tubuh selain itu juga organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan proses organisme menggunakan makanan yang dikonsumsi secara normal melalui proses pencernaan penyerapan metabolisme tubuh untuk menghasilkan tenaga atau energi jenis-jenis zat gizi zat gizi makro karbohidrat lemak protein zat gizi mikro vitamin dan mineral

Sedangkan kandungan gizi pada ikan sumber protein yang baik asam amino protein tinggi sumber vitamin vitamin a vitamin B1 vitamin B2 vitamin D penyediaan lemak baik bagi tubuh asam lemak tidak jenuh dan sumber mineral zat besi yodium selenium Zinc.

Kandungan protein ikan lebih tinggi dari protein serealia kacang-kacangan setara dengan daging sedikit di bawah telur protein ikan sangat mudah dicerna sehingga baik bagi balita yang sistem pencernaannya belum sempurna orang dewasa protein ikan mengandung berbagai asam amino dalam bentuk yang mendekati asam amino di dalam tubuh manusia komposisi asam amino protein ikan juga lebih lengkap dibanding bahan makanan lain Salah satunya tahu Rin sangat bermanfaat merangsang pertumbuhan sel otak balita

Pentingnya konsumsi ikan pada anak sumber protein yang baik karena 100 gram ikan mengandung 22 G protein perkembangan otak anak karena kaya kandungan omega 3 dan D meningkatkan kecerdasan karena kandungan asam lemak sehat sumber vitamin D yang baik karena pertumbuhan tulang dan gigi anak menurunkan resiko alergi karena mengandung asam lemak tak jenuh

Menurut Wiwin kesimpulan meningkatkan konsumsi makanan ikan terbukti selain mampu menurunkan angka stanting tapi juga melalui kandungan yang terdapat pada ikan terutama protein hewani juga penting dalam memperbaiki asupan gizi anak sebagai generasi ke depan yang berkualitas dan cerdas(sap)

Pos terkait