2.500 Warga Desa Dukuh Klopo, 52 Regu Gelar Karnaval Semarakkan HUT RI ke 78 

Kabaroposisi.net | Jombang – Pemerintah Desa Dukuh klopo dan Karang Taruna Pacinda gelar Karnaval di HUT RI ke 78 dengan mengambil tema ” Semarak Kemerdekaan Guyub Rukun Warga Dukuh klopo.”

Karnaval yang diikuti 52 regu diberangkatkan langsung oleh Kepala Desa Dukuh klopo Saiful Anam start dari dusun Penjalinan dan berakhir di depan kantor Desa Dukuhklopo. Minggu (13/82023)

Kepala Desa Dukuh klopo Saiful Anam ketika diwawancara menyampaikan, karnaval ini dilaksanakan untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekan Ke-78 yang diikuti warga Desa Dukuh klopo. Untuk tema lebih ditekankan mengenai kebudayaan Indonesia, serta hasil bumi.

” Karnaval ini baru pertama kali diadakan pada periode saya menjabat Kepala Desa di Desa Dukuh klopo. Terkait kepanitiaan seluruhnya kita serahkan kepada karangtaruna agar karangtaruna bisa lebih hidup, melatih karakter kemandirian, dan bisa menjalin tali persaudaraan,” ucap Saiful.

Lanjut Saiful, tujuan dilaksanakannya karnaval yaitu untuk mengenang jasa para pejuang terdahulu, menumbuhkan rasa nasionalisme, rasa cinta tanah air.

“Selain itu dengan adanya karnaval kita bisa memamerkan hasil bumi yang dihasilkan dari dusun masing-masing. Untuk Karnaval kali ini diikuti 52 regu dari 4 Dusun yakni Dusun Penjalinan, Dusun Kapas, Dusun Kapringan, dan Dusun Dukuh,”terang Kades Saiful Anam.

Menurutnya, antusias masyarakat sangat besar dapat dilihat dari keunikan keaneka ragam kreativitas dan budaya. Selain anak-anak, para lansia juga tidak mau kalah mengikuti semaraknya karnaval, dan kali ini Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) diberi kesempatan untuk menampilkan kreasinya.

” Saya sangat berterima kasih kepada karangtaruna telah berusaha semaksimal mungkin untuk mensukseskan jalannya acara karnaval ini. Harapan saya, kedepannya warga Desa Dukuh klopo senantiasa bisa mengenang jasa para pahlawan, guyub rukun dan organisasi karang taruna bisa hidup dan terus maju,” pesannya.

Ditempat terpisah, Ketua Pelaksana Fakhruddin Rozi mengatakan, kegiatan karnaval diselenggarakan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78.

“Kami mempersiapkan kegiatan karnaval ini selama satu bulan lamanya dan Alhamdulillah karnaval hari ini diikuti 2.500 warga desa Dukuh klopo. Sedangkan untuk rute karnaval start dari dusun Penjalinan dan finish di Kantor Desa Dukuh klopo dengan jarak tempuh sejauh 2,3 kilometer. Harapan saya, kegiatan ini bisa lancar dan tidak ada halangan sama sekali,” pungkasnya(sap)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *