Peringatan HUT RI Ke 78 Pemkab Blora Penghargaan Satyalancana Pada Tokoh Blora

Kabaroposisi.net | Blora – Upacara kebesaran Detik-detik Proklamasi dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Blora khidmad dan tertib dilaksanakan di Alun-alun Blora, Kamis (17/8/2023).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si. Perwira Upacara AKP Agus Budiyana, SH. Komandan Upacara AKP Edi Santoso, SH., MH. Pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh Ketua DPRD Blora HM Dasum, SE., MMA. Pembaca Doa Kepala Kemenag HM Fatah, S.Ag., MED.

Kemudian Komandan Paskibraka Ipda Rizka Taufik Suni, SH dan petugas korsik adalah gabungan anggota Kodim 0721/Blora, Polres Blora dan pelajar SMA Negeri 1 Tunjungan.

Sedangkan peserta upacara di antaranya terdiri TNI-Polri, Sat Pol PP, Pegawai ASN, Guru, Korpri, Pramuka, Ormas , Linmas, Warga Sedulur Sikep Samin dan mahasiswa Poltekkes Semarang Kampus Blora. Sementara itu tim medis baik dari Dinkes dan PMI Blora siaga untuk mememberikan pertolongan kepada peserta upacara bila ada yang tidak sehat.

Rangkaian upacara mulai pengibaran bendera merah putih, pembacaan teks proklamasi kemerdekaan RI, pembacaan teks Pembukaan UUD 1945, detik-detik proklamasi hingga doa berjalan lancar.

Dalam amanatnya, Bupati Blora H. Arief Rohman selaku Inspektur Upacara, membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, SH., M.IP.

“Alhamdulillah, di Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78 ini, kita masih dikaruniai nikmat hidup rukun, damai, dan terus menjalin persahabatan dalam pergaulan dunia,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengawali sambutan yang dibacakan Bupati Blora Arief Rohman .

Selain rasa syukur, penghargaan setinggi-tingginya mesti kita haturkan kepada para pejuang. Dari mereka kita tahu, kehormatan memang harus diperjuangkan. Walau air mata, darah bahkan nyawa dikorbankan. Maka kita mesti bersumpah, untuk mengubah segala duka lara mereka menjadi kebahagiaan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kita tahu, cita-cita kemerdekaan bukan sekadar bebas dari penjajahan. Persatuan, kebersamaan, kemakmuran, kemajuan, penguasaan ilmu pengetahuan, penghormatan sesama warga dunia adalah impian kemerdekaan para pejuang.

Tapi tentu kita sadar, untuk mewujudkan impian itu dan menjadikannya berkah di bumi Nusantara, bukanlah perkara gampang. Dia juga tidak bisa diupayakan oleh satu golongan apalagi satu orang.Semua pihak harus melakukan kerja seoptimal mungkin, harus melantunkan doa sekhusuk-khusuknya.

Sebagai acara tambahan Bupati Blora Arief Rohman didampingi Forkopimda Bora, menyerahkan penghargaan satyalancana karya satya 10 tahun dari Pemkab Blora tahun 2023 kepada dr. Puji Basuki, M.Kes dari RSUD dr R. Soetijono.

Kemudian satyalancana karya satya 20 tahun kepada Sulasih, SE dari Kecamatan Japah. Selanjutnya satyalancana karya satya 30 tahun kepada Drs. Pitoyo Trusingtya Sarojo Kepala Dinrumkimhub Blora.

Berikutnya penganugerahan lencana desa mandiri kepada Kepala Desa Sidorejo Kecamatan Kedungtuban Agung Heri Susanto, ST dan kepada Yuswanto, ST Kepala Desa Japah Kecamatan Japah.

Selain itu juga diserahkan pemberian remisi berdasarkan surat izin keluar rutan, Kementerian Hukum dan Asasi Manusia Republik Indonesia.

Pemberian remisi diberikan kepada, pertama, Dean Tegar Adi Nugroho bin Untung Sunarno pemberian remisi dua bulan. Kedua Mohamad Muklisul Huda bin Fatkur Rohman, pemberian remisi tiga bulan. Ketiga Parean bin Sumin, pemberian remisi lima bulan. (GaS)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *