Rektor Amir Maliki Abitolkha: “Menciptakan Generasi Muda Berpikir Kreatif Inovatif dan Mandiri”

Kabaroposisi.net | Jombang – Universitas Darul ‘Ulum Jombang gelar rapat terbuka senat Universitas Darul ‘Ulum dalam rangka Wisuda Sarjana dan Pascasarjana Periode I dan Periode II Tahun 2023. Dihadiri Pj. Bupati Jombang Sugiat, Ketua Dewan Pembina Universitas Darul ‘Ulum Gus Dr. H. M. Mudjib Mustain S.H., M.Si, Pembina Yayasan Universitas Darul Ulum Gus H. Lukman Hakim Mustain S.H., Ph.D., ketua Yayasan Universitas Darul Ulum Ning Hj. Anies Choirun Nisa’ Mustain, Rektor Universitas Darul Ulum Dr. H. Amir Maliki Abitolkha M. Ag. Bertempat di Auditorium Universitas Darul ‘Ulum Jombang. Sabtu (28/10/2023)

Pj. Bupati Jombang Sugiat ketika sambutan menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Jombang mengucapkan selamat kepada segenap wisudawan wisudawati Universitas Darul ‘Ulum Jombang yang telah berhasil menempuh proses pembelajaran dengan baik sehingga berhak menyandang gelar kesarjanaan dan pascasarjana sesuai bidang studi masing – masing.

“Keberhasilan wisudawan wisudawati Universitas Darul ‘Ulum Jombang tidak terlepas dari dukungan orang tua. Oleh karena itu sudah patutnya bila apresiasi dan penghargaan ini juga saya sampaikan kepada orang tua dan wali wisudawan – wisudawati yang telah memberikan kesempatan dan dukungan, baik moral maupun materil kepada Putra atau putrinya dalam menimba ilmu dan mengembangkan potensi yang mereka miliki hingga tingkat perguruan tinggi,” tutur Sugiat.

Dengan wisuda sarjana dan pascasarjana Universitas Darul ‘Ulum Jombang merupakan titik awal dalam kehidupan atau starting point dalam menentukan arah kehidupan setelah wisuda, imbuhnya.

“Berkompetisi dengan para sarjana dan pasca sarjana yang ada dengan modal kreatif, berinovasi, selalu berdoa, dan tunjukkan bahwa alumni Universitas Darul Ulum bisa bersaing di pasar global,” ujar PJ Sugiat.

Lulusan Universitas Darul ‘Ulum Jombang yang di wisuda diharapkan dapat memberikan perubahan sosial di tengah masyarakat dengan memberikan kontribusi positif untuk menata peradaban dan tatanan sosial masyarakat dalam keberagaman ilmu pengetahuan bagi kemajuan Kabupaten Jombang di masa yang akan datang.

“Semoga para wisudawan wisudawati nanti dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan keilmuan dan perbaikan akhlak di tengah masyarakat. Saya juga berpesan bagi para wisudawan sebagai kaum intelektual jangan berpuas diri, teruslah belajar serta terus menumbuhkan pola pikir optimisme terhadap berbagai kemungkinan dan perubahan masa depan, serta selalu mencari peluang terbaik,” ucap Pj Sugiat.

Ditempat sama Rektor Universitas Darul ‘Ulum Jombang Dr. H. Amir Maliki Abitolkha M. Ag. menyampaikan, kampus Undar didasari pada pondasi Trisula yang berasal dari unsur Pondok Universitas dan Tarekat. Maka dari itu, begitu mahasiswa lulus tidak kemudian berhenti tapi bagaimana dia bisa mengaplikasikan ilmunya. Wisudawan juga punya cukup bekal untuk kehidupan-kehidupan ketika bermasyarakat

Wisudawan Undar mempunyai ciri khas dibanding perguruan tinggi pada umumnya, karena Undar memiliki unsur Tarekat dari unsur Pondok. Paling tidak pondasi dasar ini lulus dari kampus Undar harus tetap mengedepankan asas trisula itu sebagai tonggak untuk kehidupan-kehidupan ketika bermasyarakat.

“Selain Trisula, Kampus Undar juga mengacu pada Tri Dharma Perguruan tinggi, yaitu, Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri dari Pendidikan dan Pengajaran. Penelitian dan Pengembangan.

Pengabdian kepada Masyarakat. Penerapan Tri Dharma perguruan tinggi di dalam kampus Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang tentunya memiliki tujuan yang bermanfaat, yaitu menciptakan generasi muda dengan kemampuan berpikir kreatif, inovatif, sekaligus mandiri. Melalui tiga poin yang tercantum dalam Tri Dharma, diharapkan generasi intelektual dapat membangun bangsa di berbagai sektor,” paparnya.

Menurut Rektor, Kampus Undar saat ini Konsentrasi di setiap tahunnya banyak memberikan bantuan banyak memberikan beasiswa kepada hampir seluruh masyarakat Jombang yang tidak mampu dan juga santri yang berasal dari Pondok Pesantren.

“Kampus Undar banyak memberikan beasiswa kepada mahasiswa, beasiswa ada minat bagi mahasiswa mau berkembang dan mereka juga punya prestasi tapi mereka kurang dalam sisi ekonomi, selain beasiswa dari pemerintah, kampus undar memberikan juga beberapa beasiswa dari yayasan yang diberikan kepada mahasiswa yang hafal Al quran 10 juz,” pungkas Rektor Universitas Darul ‘Ulum Jombang Dr. H. Amir Maliki Abitolkha M. Ag.(tyas)

Pos terkait