Curah Hujan Tinggi, Warga Kendal Sragi Khawatir Terjadinya Ambrol Susulan Tebing Kali Kencono

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI – Pada pemberitaan sebelumnya, media yang sama (kabaroposisi.net) memberitakan soal ambrolnya tebing Kali Kencono di Dusun Kendal Desa Sragi Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi. Yang mana warga juga Pemerintah Desa Sragi khawatir akses jalan yang menghubungkan Dusun Kendal dengan Dusun Kencono rusak terputus atau hilang sama sekali akibat ambrolnya tebing Kali Kencono.

Kondisi terakhir diketahui akibat ambrol, tebing Kali Koncono menggua dengan kedalaman kurang lebih 2 M dan tinggal menunggi waktu saja. Badan jalan pun sekira beberapa Meter sudah mengalami retak berat yang sewaktu-waktu bisa mengancam keselamatan masyarakat setempat. Sementara akses jalan itu, merupakan akses kegiatan ekonomi masyarakat Dusun Kendal, Dusun Kencono dan sekitarnya.

Bacaan Lainnya

Sebagaimana disampaikan oleh Paidi Kepala Dusun Kendal Minggu 25/2/224, kejadaian ambrol pada tebing kali Kencono sudah sering terjadi. Pernah dibangun plengsengan secara swadaya, namun karena keterbatasan dana kualitas bangunan kurang bagus yang penting bisa untuk menyangga tebing supaya tidak ambrol. Seiring berjalannya waktu karena di Desa Sragi curah hujan tinggi akhir-akhir ini. Kali Kencono yang hampir tiap hari naik debet airnya gerus tebing dan terjadilan ambrol cukup parah. Dimungkinkan bila terjadi ambrol susulan akan lebih parah dan berdampak pada terputusnya akses jalan sarana aktivitas perekonomian warga setempat.

Merespon hal tersebut Kepala Desa Sragi Hartono, SH mengaku sudah melaporkan dan bersurat kepada Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui Dinas terkait. Kades Hartono berharap laporan/surat yang dilayangkannya mendapatkan perhatian dan tindak lanjut dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

“Semoga laporan atau surat kami mendapatkan perhatian dan tindak lanjut dari Pemkab Banyuwangi melalui Dinas terkait. Karena kalau tidak, yang pertama kami khawatir akan keselamatan warga yang masih melewati jalan tersebut tahu-tahu terjadi ambrol. Yang ke dua, bila ini terjadi ambrol ke dua kalinya, dipastikan akses jalan terputus yang berikutnya mengancam keselamatan bangunan rumah warga”, tutur Hartono cemaskan keselamatan warganya.

Sementara Gunawan Sekdes Sragi yang kebetulan berkediaman di Dusun Kencono tak jauh dari lokasi ambrolnya tebing kali Kencono. Kejadian yang sama terjadi dan masih di sepanjang aliran kali Kencono. Pasalnya kata Sekdes Gunawan, memang harus dibangun plengsengan atau setidaknya dipasang bronjong untuk menutup kubangan/gua dan menyangga badan jalan. (r35).

Pos terkait