Pemdes Singolatren Istiqomah Laksanakan Safari Ramadhan

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI – Pemerintah Desa Singolatren Kecamatan Singojuruh sudah berjalan 11 tahun masa kepemimpinan Apandi selaku Kepala Desa-nya. Selama 11 tahun itu pula, Pemerintah Desa Singolatren, setiap tahun di bulan Ramadhan melaksanakan Safari Ramadhan ke Masjid-Masjid se Desa Singolatren.

Artinya Pemerintah Desa Singolatren istiqomah melaksanakan Safari Ramadhan. Seperti biasa dalam kegiatan Safari Ramadhan semua perangkat desa dan unsur Tiga Pilar terlibat. Kali ini Minggu 17/3/2024 (Ramadhan malam Ke – 7), Safari Ramadhan oleh Pemerintah Desa Singolatren di Masjid Baiturrohman Dusun Wijenan Lor.

Bacaan Lainnya

Ustad Mangsur selaku tuan rumah atas nama jajaran Takmir dan masyarakat Dusun Wijenan Lor. Menyampaikan ucapan terima kasih atas silaturrahmi jajaran Pemerintah Desa. Ustad Mangsur juga mengapresiasi Kepala Desa Singolatren (Apandi) yang senantiasa memberikan perhatian kepada masyarakatnya.

Sementara Kades Apandi dalam sambutannya menekankan terpeliharanya semangat persatuan dan kesatuan, jaga kerukunan, hindari perselisihan antar sesama umat. Terlebih di moment Ramadhan Apandi minta kepada masyarakat Wijenan Lor untuk memanfaatkan kesempatan di bulan yang disebutnya penuh rahmad dan pengampunan.

Kades Apandi juga singgung soal keguyuban pemuda dan remaja dalam hal melaksanakan peribadatan di bulan Ramadhan. Diharap kepada pemuda dan remaja Wijenan Lor di usia mudanya untuk belajar meningkatkan peribadatan sebelum kenuru tua. Tak luput para orang tua, diminta untuk mewaspadai prilaku anak-anaknya agar terhindar dari hal-hal yang negatif terutama narkoba dan mabuk-mabukan.

Pada kesempatan tersebut Kades Apandi juga menginformasikan adanya kesenjangan sosial masalah bantuan BLT DD dan bantuan sosial lainnya dari Pemerintah. Dijelaskan bahwa masalah bantuan sosial Pemerintah Desa hanya mengajukan/mengusulkan saja kepada Pemerintah melalui DTKS. Selebihnya yang merekomendasi masyarakat siapa saja yang berhak menerima bantuan adalah dari Pemerintah pusat. Oleh karena itu kata Kades Apandi, masyarakat hendaknya tidak serta merta menyalahkan siapa-siapa bila ada masalah dengan bantuan.

Di akhir sambutannya Kades Apandi mengingatkan bahwa dalam rangka menyongsong hari raya Idul Fitri diharap untuk tidak terlalu memaksakan diri bermewah-mewahan. Sehingga karena demi memenuhi kebutuhan harus ambil jalan pintas berhutang. Sekedar tali asih, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Kades Apandi memberikan kenang-kenangan kepada jajaran Takmir Masjid. (r35).

Pos terkait