Pemahaman Kepada Masyarakat Tentang Penderita HIV /AIDS Terus Digencarkan

KABAROPOSISI.NET|Pacitan, _Dalam upaya mempercepat terwujudnya Three Zero HIV 2030 diperlukan pemahaman yang tinggi dari semua aspek

Apa sebenarnya Three Zero HIV.? Three Zero HIV adalah target yg di berlakukan pemerintah untuk tercapainya Nol kasus baru HIV,tercapainya Nol kematian karena HIV,tidak adanya/Nol diskriminasi pada penderita HIV.

Bacaan Lainnya

“Sepanjang tahun 2024 tercatat sejumlah 5 kasus baru penderita HIV di Kabupaten Pacitan. Dan angka kematian yang cukup tinggi sepanjang 5 tahun terakhir.Hal ini masih menggambarkan betapa pemahaman terkait perilaku beresiko tinggi kasus HIV di Kabupaten Pacitan masih harus di tingkatkan.Sehingga sosialisai terkait pemahaman tentang HIV terus dilakukan” ungkap drg. Nur Farida plt. Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan pada awak media.

Perlakuan terhadap ODA(orang dengan AIDS) selama ini merupakan salah satu suport kepada penderita Aids.

Sedangkan tingkat diskriminasi dan stigma negatif pada penderita HIV juga masih tinggi terbukti dalam beberapa event yang melibatkan peran serta kelompok penderita HIV masih saja ada yg ketakutan untuk bersalaman atau pun berdekatan dengan penderita HIV tersebut.

“Suport dan dukungan untuk sembuh kepada penderita AIDS, sangat dibutuhkan, sehingga yang perlu dijauhi adalah penyakitnya bukan orangnya. Yang perlu diperhatikan adalah perilaku terhadap kehidupan sosial yang menyangkut pola berhubungan badan.

Jangan sampai bergonta-ganti pasangan, jangan menggunakan obat-obatan terlarang dan melakukan hubungan sex bebas.”jelas dr Daru Mustioaji kepala dinas kesehatan Kabupaten Pacitan pada awak media 01/07/2024.

Berbagai upaya agar tercipta harmonisasi berkehidupan sosial bagi para penderita HIV-AIDS, dinas kesehatan melalui berbagai cara dan metode melakukan pengondisian dan pengendalian terhadap isu isu yang mendiskriminasikan ODA.

Dengan kondisi tersebut maka para tenaga kesehatan masih perlu untuk memberikan pemahaman pada masyarakat terkait stigma negatif pada penderita HIV dengan melindungi identitas mereka.

Infeksi HIV merupakan penyakit menular seksual (PMS). HIV menular melalui darah atau cairan tubuh yang sudah terkena virus ini. HIV bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh dalam jangka waktu panjang. Tanpa pengobatan yang tepat, HIV bisa berkembang menjadi Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS)

Pos terkait