Viralkan Batik Jombang,Disdagrin Gelar Fashion Show di Jombang Fest 2024

Kabaroposisi.net | Jombang – Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian gelar Fashion Show Batik pada Jombang Fest 2024. Diikuti Pj Bupati Jombang Teguh Narutomo beserta istri Irnie Victorynie Teguh Narutomo, Sekretaris Daerah Agus Purnomo beserta istri, Ketua DPRD beserta istri dan jajaran, Forkompimda beserta istri, seluruh Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Jombang seeta Camat se kabupaten Jombang. Bertempat di alun-alun Zona A. Rabu (16/10/2024) malam.

Pj Bupati Jombang Teguh Narutomo ketika membuka kegiatan menyampaikan bahwa fashion show batik bertujuan untuk menyemangati dan memberikan dukungan kepada pengusaha dan pengrajin batik di kabupaten Jombang yang telah berkontribusi dalam pelestarian budaya.

Bacaan Lainnya

“ Dengan mengenakan batik khas Jombang oleh Forkompimda, Kepala OPD, Camat, menunjukkan bahwa pemerintah hadir dan berkomitmen untuk mendukung industri batik di Kabupaten Jombang,” ujarnya.

Melalui fashion show karya karya para pengrajin batik yang telah di bina dan didukung oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagrin) Kabupaten Jombang dapat ditampilkan, imbuhnya.

“ Pemda Jombang melalui Disdagrin telah aktif membangun literasi usaha batik dalam mengembangkan usahanya dari segi branding, pemasaran, hingga aspek legalitas,” ungkap mas Pj (panggilan akrab Pj Bupati Jombang Teguh Narutomo).

Meski pada saat ini hanya sebagian Batik Jombang yang telah terdaftar pada Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), Pemda tetap optimis seluruh motif batik Jombang dapat terdaftar dan dilindungi secara hukum.

“ Dalam Fashion Show para seluruh peserta mengenakan Batik tulis asli Jombang, sebab Batik Jombangan memiliki motif unik dan aesthetic seperti motif kangkung, Ringin Contong, Candi Rimbi, dan pelabuhan,” terangnya.

Menurut mas Pj,Ciri khas Batik Jombang adalah dengan menggunakan bahan bahan alami dalam pembuatannya yang merupakan tradisi dari nenek moyang dan tanpa menggunakan bahan kimia.

“ Saya berharap fashion show ini dapat dijadikan sumber inspirasi untuk memunculkan ide ide kreatif terkait dengan desain batik Jombangan, serta untuk meningkatkan daya saing produk batik Jombang ke pasar nasional maupun internasional,” harapnya.

Ditempat sama, Kepala Disdagrin Kabupaten Jombang Suwignyo, melaporkan, batik Jombang sangat luar biasa beraneka macam dan semuanya bermotif yang sangat indah. Dan Batik Jombang merupakan satu polesan dari para pembatik yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja.

“Dengan demikian, batik Jombang harapannya bisa tumbuh berkembang di Jombang dan tidak hanya menjadi raja batik di Kabupaten Jombang saja, melainkan bisa menjadi raja sampai di luar Negeri. Dengan hadirnya PJ Bupati Jombang berserta PJ Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang dapat lebih membudidayakan Jombang dan cinta akan batik Jombang,” pungkasnya.(tyas)

Pos terkait