Jambore Ranting Kecamatan Burneh, Siap Membangun Keutuhan NKRI

BANGKALAN Kabaroposisi.net–Sebanyak 35 Lembaga Pendidikan mengikuti Jambore Ranting Pramuka tingkat Kecamatan yang dilaksanakan di Desa Langkap Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan Madura Jawa Timur, sabtu (2/11/19) siang.

Kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari tersebut, dihadiri oleh Muspika Burneh, Camat Burneh Danramel, Kapolsek, Korwil Bidang Pendidikan Burneh, Beserta Seluruh Kepala Sekolah dan jajarannya. Dengan ucapan Bismilla Hirrohmanirrohim acara dibuka secara resmi oleh camat burneh dan ditandai dengan pelepasan balon ke udara.

Dalam sambutannya Camat Burneh Hasin Jamili menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan suatu momentum untuk membina karekter anak didik, sehingga nantinya bisa meningkatkan taraf Sumber Daya Manusia (SDM) dan mandiri.

“Saya harap kepada para anggota pramuka penggalang untuk saling menghargai satu dengan yang lain, diantaranya, para pimbina, guru, teman dan terlebih orang tua, karena setiap didikan yang diberikan merupakan bekal bagi masa depan adik-adik untuk lebih mandiri,” pintanya.

Lanjut Hasin, dirinya juga berharap agar semua para peserta disini mengikuti arahan dan peraturan yang telah ditetapkan oleh kakak-kakak pembina.

“Kalian semua di didik agar menjadi generasi penerus yang dapat bertanggungjawab terhadap diri, orang tua, masyarakat dan kepada bangsa dan negara tercinta ini,” tambahnya Hasin.

Sementara M. Zainuddin selaku Sekertaris panitia kegiatan, mengatakan, sesuai visi dan misi serta revitalisasi gerakan pramuka, perlu diciptakan nuansa pendidikan kepramukaan yang prosesnya mengacu pada pendidikan yang menarik, menantang, terarah dan terencana.

“Ada 35 Sekolah yang mengikuti kegiatan ini, satu diantaranya adalah sekolah swasta dan yang 34 itu Negeri,” kata Inut sapaan akrabnya saat diwawancarai media kabaroposisi.net.

Lebih lanjut kata dia, pada prinsipnya pendidikan kepramukaan di Indonesia adalah mempersiapkan generasi muda yang bermoral pancasila, sehat jasmani dan rohani, memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai sehingga dapat hidup mandiri.

“Kita bangun kaum muda yang berprestasi dan berkarakter dengan tujuan meningkatkan kemampuan pramuka penggalang untuk menunjukkan prestasi di bidang pramuka, meningkatkan kualitas moral pramuka penggalang untuk bersosialisasi di kepramukaan serta menanamkan karakter yang baik.” tandasnya.

Senada juga disampaikan Samsul Arifin Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Burneh, Jambore Ranting tersebut merupakan agenda tahunan sebagai penyemangat para pembina pramuka, bahkan menurtnya juga merupakan salah satu program mingguan di sekolah

“Saya bangga dengan pramuka praja muda karena jiwa muda yang suka berkarya dan juga berjiwa pemberani ,” kata Samsul.

Dirinya berharap, tambahnya, kegiatan ini juga bisa mencetak generasi muda selalu produktif dalam berkarya, harus inovatif, kreatif dan menjadi terdepan dalam menjaga NKRI.

“Harapan saya dengan kegiatan ini bisa menghasilkan generasi muda yang unggul, hebat, kreatif dan terus berkreasi serta berkarya,” ungkapnya. (Sul)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *