Pembinaan Wasbang Binter Terpadu TA. 2019 Oleh Kodim 0825 Banyuwangi Kepada Peserta Didik

Kabaroposisi.net(Banyuwangi).- Pembinaan Saka Wira Kartika dalam Pembinaan Wawasan Kebangsaan Binter Terpadu TA. 2019 diwilayah Kodim 0825 Banyuwangi yang diikuti oleh 240 orang yang terdiri dari putra dan putri SMA dan SMK dan MA sekabupaten Banyuwangi yang dibuka oleh Kasdim 0825 Banyuwangi Mayor Inf Herawady Karnawan di Lapangan Makodim 0825 Banyuwangi. Sabtu,02/11/2019

Dalam pelaksanaan kegiatan Pembinaan Wawasan Kebangsaan Dalam Rangka Binter Terpadu Tahun 2019 Kodim 0825 Banyuwangi mengambil thema,

“Memperdayakan Wilayah Ketahanan Melalui Kegiatan Binter Terpadu Guna Memantabkan Ruang, Alat Dan Kondisi Juang Yang Tangguh”

Sebagai penanggung jawab yaitu, Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Yuli Eko Purwanto S.I.P yang diwakili oleh Kasdim 0825 Banyuwangi Mayor Inf Herawady Karnawan, bahwa selama kegiatan pembinaan Saka Wira Kartika Kodim 0825 Banyuwangi akan dilaksanakan pemberian materi wawasan kebangsaan serta teori praktek dilapangan yang akan dilatih oleh para pembina Pramuka Saka Wirakartika dari Makodim 0825 Banyuwangi.

Kasdim 0825 Banyuwangi Mayor Inf Herawady Karnawan dalam sambutannya menuturkan,

“Bahwa arti daripada Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat sebagai patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa dan tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia”..terangnya.

Masih pada sambutannya,”Saka Wira Kartika memiliki 5 Krida yang masing-masing memiliki tingkat kemampuan yang mengacu pada pengetahuan dan keterampilan Matra Darat. Adapun Matra Darat sebagai acuan pengetahuan dan keterampilan :

  • Pertama: adalah Krida Navigasi Darat (Navrat) yakni tingkat pengetahuan tentang Peta dan Medan, tingkat kemampuan Jalan Kompas Siang/Malam, tingkat Reseksi dan Interseksi, dan tingkat Pengetahuan Global Position System (GPS).
  • Kedua: Krida Pionerring, yakni tingkat kemampuan Krida Tali Temali, tingkat kemampuan Krida Jembatan Darurat/Improvisasi, tingkat Prasarana Perkemahan, dan tingkat Titik Bekal Air dan Listrik.
  • Ketiga: adalah Krida Mountainerring yakni tingkat kemampuan Panjat Tebing, turun Tebing dan Travesing.
  • Keempat: adalah Krida Survival yakni tingkat kemampuan Jenis Tanaman Hutan, Jenis-jenis Binatang, Hutan, Gunung, dan Ralasuntai.
  • Kelima: yakni Krida Penanggulangan Bencana yakni tingkat kemampuan Manajemen Penanggulangan Bencana, Perjalanan dan Penanganan Pertama Gawat Darurat (PPGD), Pengetahuan Komunikasi Radio dan Cara Memasak dapur lapangan.

“Kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari ini bertujuan agar para peserta pembinaan Saka Wira Kartika dapat memahami serta menumbuhkan rasa cinta tanah air yang mendalam kepada bangsa Indonesia,”tuturnya.

Pada kesempatan tersebut usai pembukaan pembinaan dilanjutkan sesuai dengan materi dan praktek yang pertama yaitu  Materi Out Bond/ Wasbang yang isi oleh Guru Militer Serma Syamsudin dan Serda Nurjamil, Materi Penanggulangan Bencana Guru Militer yaitu Peltu Imam Subandi, Sertu Priyanto dan Koptu Didik Budi Prasetyo, Materi Navigasi Darat Guru Militer yaitu Sertu Andik, Serda Nurjamil, Serma Deni Kurniawan, Materi Mountenering Guru Militer Serma Suryadi, Serda Hudori dan Serda Slamet Ariyo, Materi Survival Gumil Serma Dedy Rizal, Serda Widi Hidayat dan Serda Rendik S. dan yang terakhir Materi Pioner Guru Militer yaitu Serma Sutriono, Serda Ainur Rofiq dan Saiful Pandu.

Dalam pelaksanaan kegiatan pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika yang berlangsung di Makodim 0825 Banyuwangi dimulai sejak pukul. 07 00 WIB sampai dengan pukul. 15.00 WIB selama dua hari.(Khotib/Pendim0825)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *