Danramil 0825/01 Banyuwangi Hadiri Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah Kepala Desa Terpilih Se Kabupaten Banyuwangi

Kabaroposisi.net.

Banyuwangi._ Danramil 0825/01 Banyuwangi Kapten Kav Makali mewakili Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, S.I.P menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan para kepala desa terpilih hasil Pemilihan kepala desa serentak tahun 2019 di Kabupaten Banyuwangi, yang dipusatkan di Pendopo Sabha Swagata Blambangan Banyuwangi, Rabu,20/11/2019

Pada acara ini terdapat beberapa rangkaian kegiatan yaitu penandatanganan surat keputusan dan sumpah jabatan dan dilanjutkan dengan arahan dari Bupati Banyuwangi H. Abdullah Azwar Anas, M,Si, dalam arahannya Bupati menyampaikan Banyuwangi  dan malang kota, Polresnya akan ditingkatkan menjadi Polresta. Artinya Banyuwangi diperhitungkan di jatim, Tim sukses hanya berlaku hingga pada saat pelantikan, setelah itu  harus melebur semua, dukungan keluarga sangat penting, Seperti saat saya menjabat Bupati saya kumpulkan keluarga saya, Perlu waktu total untuk menjadi Bupati, Istri dan anak harus sadar bila suaminya menjadi pejabat publik.

Kunci yang paling menentukan adalah  leadership, harus  bersyukur bisa jadi Kepala Desa, tidak banyak orang bisa jadi Kepala Desa atau terpilih kembali jadi Kepala Desa. Gunakan kesempatan untuk  menoreh sejarah, Pemimpin seperti lilin, Rela terbakar demi kesejahteraan warga.

Pemimpin harus bisa mengambil keputusan. Keputusan harus bisa  diambil secara adil, terutama karena  rakyat kita heterogen, Pemimpin juga harus detail, Misalnya terkait tugas saya seperti Bupati, penataan pasar harus detail, Saya buat kebijakan dan disediakan solusi tempat sementara sebelum relokasi, Jika ada rapat, apabila pemimpin sedang tidak berada di tempat, bisa menggunakan facetime. Jika tidak tahu, tanyakan. Jangan putuskan sesuatu tanpa pengetahuan tentang hal itu.

Kepala Desa harus mempunyai komitmen, detail dan bikin terobosan baru. Soal pelayanan publik, jangan sampai orang kesulitan mengurus surat-surat, Kalau perlu ada one stop service untuk pelayanan publik.

Jangan sampai mereka harus dua kali datang ke kantor desa. Gunakan IT. Tidak harus kades bisa IT, yabg penting ada goodwill untuk  pemanfaatan IT, berdayakan semua staf, maksimalkan kinerja.  Bereskan semua keluhan tentang orang miskin, kalau ada anak tidak bisa sekolah, koordinasikan dengan kepala sekolah terkait. Soal sampah, anggarkan pengelolaan sampah. Terutama anggaran bebas dari plastik. Ada satu kriteria baru terkait bebas,dari sampah plastik. Kita dapat insentif dari pusat 89 miliar karena kita bebas sampah plastik. Mulai sekarang  plastik ini tidak  boleh ada di sungai-sungai Ini akan kami lombakan.

Nanti kami beri hadiah bagi desa yang bebas dari sampah plastik. Setiap desa harus ada destinasi wisata unggulan satu saja,,dan satu destinasi kuliner yang top. Contoh pasar wit-witan di Alasmalang. Tidak perlu RTH, tanah bisa sewa, Ketertiban umum dijaga, kedekatan dengan Babinsa, Babinkamtibmas, Bangunan-bangunan harus mundur 7 meter dari badan jalan. Pemda tidak mengijinkan karaoke, biarkan warung-warung tradisional tumbuh. Kalaun ada karaoke terlanjur berijin, jam 11 malam harus sudah tutup. Bagi yang melanggar, Desember  akan kami tutup. Untuk rumah kos, kami tidak ijinkan rumah kos disulap jadi hotel. Homestay wajib ada penghuninya di tengah, maksimum 7 kamar. Pasar modern yang tidak berjejaring boleh, yang berjejaring tidak boleh. Pendidikan dan kesehatan supaya  diperhatikan mulai dari hulu. Puskesmas juga harus siaga, perhatian pada ibu hamil dan menyusui penting, karena  akan lahir anak2 hebat dari mereka. Aturan penggunaan anggaran tolong ditaati. Banyak pengaduan yang mungkin muncul, baik itu riil maupun fitnah. Jika ada musuh, ajak bicara dan duduk bersama,”tuturnya.

Sementara itu Danramil 0825/01 Banyuwangi Kapten Kav Makali mewakili Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, S.I.P saat menghadiri pelantikan Kepala Desa menuturkan, mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh Kepala Desa yang sudah di lantik,semoga kedepannya, Kepala Desa yang sudah di lantik mampu menjalankan amanah warganya dengan baik, Kepala Desa memiliki peran besar dalam menjaga kondusifitas masyarakat dan menjaga ketertiban umum bersama unsur TNI dan Polri yang ada di kewilayahan. Untuk itu, kepala Desa yang sudah di lantik agar menjalankan tanggung jawabnya dengan benar,serta bisa mensejahterakan masyarakatnya,”tuturnya.(Khotib/Pendim0825)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *