Kades & Bhabinkamtibmas Sinergi Sosialisasi Cegah Kenakalan Remaja

Kabaroposisi.net (Banyuwangi)

Kepala Desa Singolatren Apandi di awal – awal masa tugasnya pasca dilantik beberapa hari lalu, turun ke masyarakat melakukan sosialisasi terkait cegah kenakalan remaja. Dalam hal ini Kades Apandi gandeng anggota Polsek Singojuruh (Bhabinkamtibmas) Desa Singolatren Bripda Puguh Prayogo.

Selasa 26/11/2019 Kades Apandi bersama Bhabinkamtibmas Bripda Puguh Prayogo, sasar masyarakat Dusun Wijenan Lor Desa Singolatren Kecamatan Singojuruh Banyuwangi. Fokus materi pembahasannya lebih kepada bagaimana mencegah anak remaja tidak terjerumus pada persoalan mengkonsumsi dan pengedar obat – obat terlarang (Narkoba).

Dimulai dari sambutan penghormatan oleh Kelala Dusun Wijenan Lor Sulaimi. Kadus Sulaimi meminta kepada warganya untuk benar – benar mengikuti sosialisasi yang akan disampaikan oleh Kadesanya dan Bhabinkamtibmas.

Dalam sambutannya Kades Apandi awali dengan mengatakan bahwa acara sosialisasi ini dalam rangka membangun silaturrahmi.

“Dengan silaturrahmi yang kuat maka akan terbangun kekompakan sehinnga segala sesuatu menyangkut persoalan masyarakat akan mudah teratasi. Ini adalah juga dalam rangka sosialisasi dan pembinaan menyangkut prilaku hidup bermasyarakat terutama cegah dini kenakalan remaja”, mukaddimahnya.

Lebih lanjut Kades Apandi mengajak dan berharap kepada Kepala Dusun untuk lebih intens komunikasi dengan masyarakat terutama dengan RT dan RW yang ada. Musyawarah dan sosialisasi ini adalah sengaja digagas karena persoalan kenakalan remaja sangat urgen untuk dibahas bersama.

“Saya berharap jangan sampai anak – anak remaja di Dusun Wijenan Lor ada yang berurusan dengan aparat karena kenakalan dan karena mengkonsunsi atau mengedarkan Narkoba”, harapnya.

Pada kesempatan itu pula Kades Apandi melakukan memberikan penyegaran agar masyarakat tidak lagi larut dengan suasana politik Pilkades. Ditegaskannya Politik Pilkades sudah selesai sudah tidak ada lagi kubu – kubuan. Dihimbau juga bila ada keluarga yang sakit tidak usah bingung soal biaya. Himbaunya segera informasikan ke Kadus dan Kadus meneruskan ke Pemerintah Desa, semuanya akan diurus oleh Pemerintah Desa.

Bhabinkamtibmas Brigadir Puguh dalam pesan kamtibmasnya lebih kepada memberikan pengarahan terkait bagaimana pemuda dan remaja terhindar dari permasalahan narkoba. Bahkan disampaikan secara rinci jenis – jenis obat – obatan terlarang yang punya dampak negatif terhadap fisik dan mentalnya. Oleh karena itu Bhabinkamtibmas Puguh mengajak kepada masyarakat untuk bahu membahu mengawasi pergaulan anak – anaknya yang masih sekolah. Salah satunya batasi dan awasi penggunaan Hp pada anak – anak di usia sekolah, karena kalau terjadi kesalahan menyampaikn informasi melalui medsos bisa kena tindak pidana disebutnya UU ITE. Ditegaskan karena permasalahan narkoba sudah mulai menyasar anak – anak sekolah tingkat SMP dan SMA.

Diakhir acara diberi kesempatan kepada beberapa tokoh masyarakat untuk mengajukan pertanyaan atau pendapat. Acara ditutup dengan doa dipimpin oleh Ustad Iqbal. (rh35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *