Pemdes Singolatren Jaring Aspirasi Masyarakat Melalui Tilik Dusun

Kabaroposisi.net (Banyuwangi)

Pemerintah Desa Singolatren dalam rangka menentukan RPJMDes 6 Tahun ke depan melaksanakan Tilik Dusun ( Musyawarah Dusun ). Tilik Dusun putaran ke dua dilaksanakn di Duaun Wijenanlor Desa Singolatren Kecamatan Singojuruh Banyuwangi Rabu 11/12/2019.

Dihadirkan oleh Kepala Dusun Wijenanlor Sulaimi dalam Tilik Dusun seluruh jajaran RT/RW, BPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Ibu – ibu PKK, dan Tokoh Perempuan. Selaku tuan rumah Kepala Dusun Wijenanlor Sulaimi meminta kepada masayarakatnya untuk mengikuti musyawarah dengan baik.

Sementara Kepala Desa Singolatren Apandi dalam berharap semoga pertemuan malam ini melalui acara Tilik Dusun apa yang jadi harapan dan keinginan warga Dusun Wijenan Lor tercapai. Dijelaskan oleh Kades Apandi bahwa musyawarah Tilik Dusun adalah agenda tahunan Pemerintah dalam rangka Jaring Aspirasi Masyarakat.

“Tilik Dusun ini murni Pemdes tidak ada hak intervensi dalam menentukan kegiatan apa saja yang harus dilakukan di Dusun. Murni mendengarkan, mencatat, dan meneruskan aspirasi masyarakat”, jelasnya.

Pada kesempatan itu pula Kades Apandi lakukan absen kehadiran tokoh masyarakat terutama RT dan RW. Apandi berharap kehadiran RT dan RW kompak karena Tilik Dusun adalah hal yang penting dalam menentukan RPJMDes 6 tahun ke depan.

Pesan Kades Apandi, “Antisipasi kenakalan pemuda dan remaja, baik dari narkoba, kawal dan batasi anak – anak usia sekolah dari penggunaan medsos yang berlebihan dan nabrak aturan”, tegasnya.

Kepada Kadus Wijenanlor ditekankan supaya lebih intens berkomunikasi dengan masyarakatnya, supaya segala informasi sekecil apapun terakomodir. Jangan sampai Kadus tidak mengetahui setiap permasalahan yang ada di lingkungan masyarakatnya sendiri. Terakhir dihimbau kepada Kadus, RT,RW, Takmir Masjid, dan Tokoh masyarakat untuk berkolaborosi menciptakan menguatkan ukhuwah islamiyah. Terutam demi menjaga keharmonisan masyarakat dan menjaga Persatuan Kesatuan Nasional NKRI harga mati.

BPD perwakilan Dusun Wijenan Lor Susilo Wildani dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf bila selama perjalanan menjadi perwkilan BPD banyak kekurangan.

Berikut musyawarah Tilik Dusun pun dimulai. Pemandu musyawarah Sugiharto memberikan arahan – arahan tentang bidang – bidang yang diusulkan oleh masyarakat meliputi bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur, Pertanian, dan Umum/gabungan. Untuk mempermudah dibentuklah koordinator yang memimpin musyawarah kelompok sesuai bidang masing – masing. (rh35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *