Peran Serda Hanif sebagai Babinsa Tongas Kulon Koramil 0820/05 Tongas

Probolinggo, kabaroposisi.net,_ Di kalangan awam, masih banyak yang belum memahami daerah aliran sungai (DAS) merupakan daerah di kiri-kanan sungai. Padahal, sejatinya pemahaman itu keliru karena DAS dalam bahasa inggris disebut watershed, bukan river bank atau riparian area yang merupakan arti harfiah dari kawasan di kiri-kanan sungai. Karena itu, pengertian DAS yang benar adalah hamparan daratan yang menampung, menyimpan, dan mengalirkan air hujan melalui sungai yang akhirnya bermuara ke laut atau danau. Dari hal pengertian tersebut diatas Serda Hanip Babinsa Koramil 0820/05 Tongas dan warga Desa Tongas Kulun berinisiatif bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan forum DAS

Sabtu (14-12-19) membentuk struktur organisasi dan rencana membuat tempat rekreasi di daerah kaki gunung tugel sebelah timur tepatnya di Desa Tongas Kulon Kecamatan Tongas, Kabupatan Probolinggo. (14-12-19)

Acara Forum DAS tersebut dihadiri oleh;
Ir.Sasmito Msc (Ketua forum DAS). Ny Niken (Personil Dinas Pariwisata Kec.Tongas). Tokoh Masyarakat dan tokoh Pemuda. Babinsa Koramil 0820/05 Tongas dan Warga Dusun Gunung Tugel (sekitar 45 orang).

Adapun tujuan pembersihan aliran sungai ini sebagai langkah awal antisipasi terjadinya banjir pada saat musim hujan. Kegiatan karya bakti di titik beratkan pada pembersihan sungai yang banyak ditumbuhi tanaman liar dan terdapat tumpukan sampah.
Gotong-royong pembersihan aliran sungai kali ini sangatlah penting bagi warga Dusun Gunung Tugel sebelum datangnya musim hujan, agar sungai tidak tersumbat oleh sampah dan rerumputan yang tumbuh di seputaran pinggiran sungai tersebut.
Selain membersihkan aliran sungai warga dan Babinsa Koramil 0820/05 Tongas akan menjadikan wilayah kaki Gunung Tugel sebagai tempat wisata sehingga kebersihan dilingkungan Gunung Tugel tetap terjaga dengan baik dan sekaligus bisa dikenalkan kepada daerah lain bahwasanya kaki Gunung Tugel, di Desa Tongas Kulon, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo mempunyai tempat wisata yang bagus dan asri

Disela-sela kegiatan karya bakti Serda Hanip, Babinsa Koramil 0820/05 Tongas mengatakan pada awak media “Kami tidak pernah berhenti untuk melakukan yang terbaik di wilayah yang menjadi binaan Babinsa, sehingga harapan kami wilayah Gunung Tugel Desa Tongas kulon, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo ini akan selalu terjaga dan terus terpelihara baik itu kebersihan, keindahan serta kesehatannya sehingga kita sebagai warga Probolinggo maupun masyarakat yang berkunjung merasa nyaman”, pungkasnya Serda Hanif mengakhiri Pembicaraannya kepada awak media.
(Win-Cakra 393)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *