Pelatihan Merawat Jenazah Oleh Petugas KUA Pada Para Mudin Mayit

Kabaroposisi.net (Banyuwangi)

Para Guru Taman Pendidikan Qur’an dan Para Pengurus Rukun Kifayah (Mudin Mayit) se Desa Sukojati Kecamatan Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi.

Rabu 18/12/2019 dihadirkan oleh Pemerintah Desa Sukojati dalam rangka Pelatihan terutama para Perawat Jenazah ( Mudin Mayit ). Dalam pelatihan bertindak selaku narasumber pejabat dari Kantor Urusan Agama ( KUA ) Kecamatan Kabat dan Petugas Kesehatan dari Puskesmas Desa Badean Kecamatan Blimbingsari.

Sekilas terkutip dari penjelasan narasumber bahwa Pelatihan Merawat Jenazah mulai dari bagaimana cara memandikan sampai mengkafani Jenazah yang baik. Namun beberapa hal yang disampaikan oleh para narasumber dalam hal memandikan Jenazah selain dari soal kebersihan juga dari sudut pandang kesehatan kepada para perawat Jenazah ( Mudin Mayit ) saat memandikan.

Dipaparkan kepada peserta Pelatihan oleh narasumber bahwa setiap Jenazah memliki masalah yang berbeda – beda. Bisa jadi Jenazah pada saat meninggal dalam keadaan masih mengidap penyakit dalam maupun luar. Oleh karena itu kepada Perawat Jenazah ( Mudin Mayit ) disarankan saat memandikan Jenazah perlu menggunakan alat – alat khusus untuk menghindari terjadinya penularan. Mulai dari mengenakan masker, sarung tangan, baju khusus (mantel), kacamata renang, bahkan sepatu boat pengaman supaya tidak terpapar air bekas memandikan Jenazah. (rh35/ktb).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *