Korwilker Satdik & IGTKI Sempu Kolaborasi Launching PAUD TECHNO Pembelajaran “BATIK SEMEBAR”

Kabaroposisi.net (Banyuwangi)

Luar biasa gebrakan yang dilakukan oleh Korwilker Satdik Sempu Banyuwangi Nurdamai, S.Pd dan Ketua IGTKI Kecamatan Sempu Banyuwangi Endang Siswati. Hari ini Senin 20/01/2020 kolaborasi mengadakan acara Launching PAUD TECHNO Pembelajaran ” BATIK SEMEBAR” Yang Unggul Dan Optimal.

Acara yang digelar di Kantor Korwilker Satdik Kecamatan Sempu itu dihadiri Guru – Guru PAUD/TK se Kecamatan Sempu. Tampak hadir pula dari Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi diwakili oleh Kabid PAUD Sunari, MM dan Ketua K3S Mismanto juga Pengawas Sekolah wilayah Kecamatan Sempu.

Setelah pembukaan dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Ketua IGTKI Kecamatan Sempu Endang Siswati yang juga selaku Panitia melaporkan. Bahwa dalam kegiatan tersebut IGTKI Kecamatan Sempu bekerjasama dengan Korwilker Satdik Kecamatan Sempu untuk mewujudkan progran PAUD TECHNO Pembelajaran BATIK SEMEBAR Yang Unggul dan Optimal.

Korwilker Satdik Sempu Nurdamai, S.Pd dalan kata sambutannya menyampaikan,

“Bahwa kegiatan pada pagi hari ini yaitu launching PAUD TECHNO merupakan implenentasi dari hasil kegiatan PKP yang telah diikuti oleh Guru Sasaran. Karena ilmu yang didapat yaitu tentang Pengembangan Kompetensi Pembelajaran yang baru selesai diikuti oleh Guru Sasaran itu, perlu dikembangkan kepada seluruh lembaga PAUD yang ada di Kecamatan Sempu. Kami mencoba untuk membuat inovasi, jadi supaya ilmu yang didapat tidak sia – sia. Minimal kita bisa mengembangkan yang hari ini akan kita launching yaitu pembelajaran dengan pakai media IT. Masing – masing sudah siap dengan lap topnya dan siap memperagakan hasil inovasi dari masing – masing lembaga”, ungkapnya.

Nurdamai juga urai tentang judul kegiatan pada Launching PAUD TECHNO yang disebutnya dengan Pembelajaran ” BATIK SEMEBAR “. Bahwa kata Pembelajaran ” BATIK ” dimaksutkan adalah Pembelajaran ” Berbasis Teknologi, Informasi, Komunikasi ” dan kata ” SEMEBAR ” maksutnya adalah ” Semangat Merdeka Belajar “. Menurut Nurdamai kenapa menggunakan sebutan ” BATIK SEMEBAR “, karena supaya mudah dikenal. Kata BATIK tidak asing lagi bagi masyarakat Banyuwangi yang punya ciri khas kain Batik. Sedang kata ” SEMEBAR ” penyebutannya ada kemiripan dengan judul lagu Banyuwangi yang cukup eksis melalui artis Banyuwangi yaitu ” Catur Arum ” berjudul ” SEMEBYAR “.

Mewakili Kadis Pendidikan, Kabid PAUD Sunari, MM dalam sambutanya menyampaikan.

“Kami atas nama Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya dan mengapresiaisi atas trobosan, inovasi dan gagasan yang baik ini”, mukaddimahnya.

Lanjut Sunari menguraikan bahwa pembelajaran “BATIK SEMEBAR” adalah modal pembelajaran yang efektif sasaranya kepada anak anak TK. Esensinya sejauh mana anak – anak memperoleh pelayanan stimulasi tumbuh kembang dari gurunya. Karena anak anak 80 % perkembanganya di usia dini.

Sunari Kabid PAUD berharap efektifitas Pembelajaran “BATIK SEMEBAR” dikembangkan terus dari hari – kehari untuk peningkatan mutu. Dan menghimbau agar melestarikan suasana kondisi yang merdeka belajar. Merdeka bagi para gurunya dan merdeka bagi anak anaknya melalui proses pembelajaran. Diterangkan bahwa merdeka bagi para guru TK PAUD yaitu diberikan kewenangan penuh yang diatur dalam Permendikbud No.137 dan No. 146 tentang standar PAUD dan kurikulum PAUD.

“Dengan Permendikbud itu guru diberikan kewenangan otoritas untuk mengembangkan, mengkrearifikasi, Sehingga kedua Permen ini jadi efektif dalam rangkat meningkatkan optimalisasi tumbuh kembang anak”, jelasnya yang ditutupnya dengan membuka Launching PAUD TECHNO secara resmi.

Acara ditutup dengan doa, dan dilanjutkan penayangan video selayang pandang kegiatan – kegiatan Guru dan siswa PAUD dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi, Informasi, Komunikasi (BATIK) di lembaga – lembaga PAUD di Kecamatan Sempu. (rh35/ktb).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *