Pemkab Situbondo Resmikan Gedung Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Panarukan.

Kabaroposisi.net. (Situbondo)-Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto, S.H resmikan Gedung Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Panarukan. Senin (20/1/2020).

Selain Gedung Kantor KSOP IV Panarukan, Bupati Dadang juga meresmikan dua bangunan Masjid yakni Masjid Al-Manna di Pelabuhan Kalbut dan Masjid As-Salwa di Pelabuhan Jangkar.

Kepala KSOP IV, Capt. Miftahul Hadi,  MM. M.Mar., dalam sambutannya menyatakan, bahwa pembangunan gedung kantor dan dua masjid dibiayai dana APBN. Dengan luas total lahan yang dipakai 465 meter persegi. Miftahul Hadi berharap, dengan adanya gedung baru itu dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan bagi masyarakat  yang bergerak di bidang kesyahbandaran.

“Pembangunan gedung kantor dan dua masjid tersebut dibiayai oleh dana APBN, dengan luas lahan 465 meter persegi. Kami berharap, dengan adanya kantor baru dapat meningkatkan kinerja serta pelayanan kepada masyarakat”. ujar Miftahul Hadi.

Sementara itu, Prof. Dr. Saleh selaku Ketua Dewan Riset Daerah Kabupaten Situbondo menjelaskan, ekspansi dermaga akan dilakukan untuk mencapai minimal 11 meter kedalaman pelabuhan. Dan terkait Peraturan Presiden (Perpres) lampiran 80 yang menunjukkan bahwa kereta api Jember-Panarukan akan diaktifkan kembali dengan dana APBN sebesar 500 M atau setengah triliun.

Selanjutnya, Direktur KPLP Ditjen Perhubungan Laut Ir. Ahmad AM, M.MTr.,  QIA., CFr mengutarakan bahwa menurut yang disampaikan Bupati Dadang, Pelabuhan Panarukan dahulu adalah pelabuhan besar di jaman pemerintahan kolonial Belanda.

“Dulunya pelabuhan Panarukan digunakan sebagai lalu lintas kapal pengangkut hasil bumi Jawa Timur ke Belanda. Selain itu, pembangunan dua masjid yang baru dibangun tersebut adalah simbol optimisme bahwa, pelabuhan Panarukan ke depan akan membawa dampak besar bagi Kabupaten Situbondo”. terangnya.

Hadir mendampingi Bupati Dadang, AKBP Sugandi, SIK, M. Hum (Kapolres Situbondo), Mayor Kav Suprapto (Kasdim 0823/Situbondo), Edy Wahyudi, SE (Ketua DPRD Kab. Situbondo), Nur Slamet, SH, MH (Kajari Situbondo), I Ketut Suarta, SH, MH (Ketua PN Situbondo), Ir. Ahmad A M., M.Mtr, QIA. CFr.A (Direktur KPLP Ditjen Hubla), Prof. Saleh (Ketua Dewan Riset Daerah Kabupaten Situbondo), Capt. Miftakhul Hadi, MM, M. Mar (Kepala KSOP Kelas IV Panarukan), AKP Lukman Hadi (Kasat Polair Polres Situbondo), Peltu Didik Iswahyudi (Dan Posal Panarukan), dan Tokoh Masyarakat Panarukan.(ktb/if)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *