Musrenbangdes Serentak Angkat Tema “Kemandirian Ekonomi Melalui Pariwisata, Agropolitan, Dan SDM Unggul

Musrenbangdes Serentak Angkat Tema “Kemandirian Ekonomi Melalui Pariwisata, Agropolitan, Dan SDM Unggu

Kabaroposisi.net (Banyuwangi)

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) untuk tahun anggaran 2021 digelar serentak se Kabupaten Banyuwangi Selasa 21/01/2020. Yang mana pada Murenbangdes kali ini Bupati Banyuwangi H. Abdullah Azwar Anas, M.Si dialogh interaktif langsung melalui “Teleconference” dari pusat kegiatan di Desa Bubuk dengan 25 Camat, unsur Forpimka, dan Para Kepala Desa yang kebetulan ditunjuk menyediakan sambungan “Teleconference”.

Hadir dalam acara pembukaan Musrenbangdes yang dipusatkan di Kantor Desa Bubuk Kecamatan Rogojampi itu. Selain Bupati hadir para pejabat teras Pemkab Banyuwangi, unsur Forpimda, Forpimka, anggota dan pimpinan DPRD Banyuwangi, Ketua MUI, dan Tokoh lintas Agama. Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Kabupaten Banyuwangi Kusyadi menyampaikan laporan terkait pelaksanaan Musrenbangdes Serentak tersebut.

Ada beberpa hal yang disampaikan pertama dasar dari pelaksanaan dari Musrenbagdes serentak pada tahun 2020 adalah pertama UU No. 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, UU No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa yang mana diatur Bahwa Pemerintahan Desa menyusun perencanaan pembangunan desa sesuai dengan kewenangannya dengan mengacu pada perencanaan pembangunan Kabupaten/Kota.

Terkait tema Musrenbang serentak pada malam hari ini adalah “Kemandirian Ekonomi Melalui Pariwisata, Agropolitan, dan SDM Unggum”. Dilaporkan bahwa Musrenbang pada malam ini diikuti 217 Desa/Kelurahan yang mana 25 Desa bisa beriteraktif langsung dengan Bupati yang dipusatkan di Desa Bubuk Kec. Rogojampi. Dan Kusyadi berencana untuk Musrenbang tahun berikut dengan cara yang sama bisa berinterktif langsung dengan Bupati lebih banyak lagi. Perkiraan jumlah peserta yang mengikuti Musrenbagdes serentak kali ini sebanyak 10.850 ribu orang dengan istimasi per desa dihadiri oleh minimal 50 orang.

Adapun tujuan dari Musrenbangdes dijelaskan oleh Ka DPMD Kusyadi kepada Bupati adalah menyepakati prioritas program kegiatan yang akan diputuskan melalui program Musrenbangcam, menyepakati prioritas program kegiatan desa yang akan dibiayai melalui APBDes nya masing – masing, pengembagan smart kampung dari sisi perencanaan dan peningkatan pemanfaatan, peningkatan kapasitas IT.

Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan Musrenbang tahun ini adalah terkoordinasinya usulan kegiatan yang akan diajukan melalui APBD 2021. Terkoordinasinya usulan kegiatan yang akan dibiayai oleh ADD/DD Desa/Kelurahaan masing – masing. Terkoordinasinya kegiatan yang akan dientry nanti dalam proses perencanaan pembagunan daerah dan setrusnya.

Lanjut acara berikut adalah acara Pembukaan Musrenbangdes oleh Bupati Banyuwangi H. Abdullah Azwar Anas. Mengawali sambutannya atas nama Pemerintah Daerah Bupati Anas mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan. Seperti biasa Bupati Banyuwangi menyampaikan kabar baik bahwa dari berbagai indikator dilakukan oleh Bank Indonesia pertumbuhan ekonomi Kabupaten Banyuwangi paling bagus dari seluruh Kabupaten terutama di ujung timur di Jawa Timur. Dan karenanya Bupati Banyuwangi H. Abdullah Azwar Anas pada kesempatan tersebut mengatakan,

“Keberhasilan Banyuwangi adalah berkat dukungan dan kerja keras dari seluruh Rakyat Banyuwangi. Bahwa keberhasilan pembangunan Kabupaten merupakan akumalasi dari keberhasilan pembangunan desa, akumalasi dari keberhasilan pembangunan di tingkat Kecamatan. Dan semuanya adalah akumuslasi himpunan dari kerja keras anggota dewan Babinsa dan Bhabinkamtibmas tokoh – tokoh masyarakat, para Kiyai para Ulama, ormas – ormas. Dan oleh karena itu kita patut bersyukur dan tepuk tangan untuk seluruh Rakyat Banyuwangi” ungkapnya disambut aplouse oleh hadirin.

Masih banyak hal terkait capaian – capaian pembangunan di Banyuwangi yang dipaparkan oleh Bupati Anas pada pembukaan Musrenbangdes melalui “Teleconferen” kepada hadirin yang ada di Desa Bubuk dan di desa – desa se Kabupaten Banyuwangi. Jadi semakin seru usai kata sambutannya, Bupati Anas melalui “Teleconference” dialogh interaktif dengan para Camat, unsur Forpimka, dan para Kepala Desa. Yang mana tertangkap dari “Teleconference” para Camat, unsur Forpimka, dan para Kepala Desa dengan leluasa menyampaikan beberapa hal kepada Bupati Anas. Ada yang menyampaikan keberhasilan program – program di wilayahnya, tapi tak jarang dari mereka juga menyampaikan uneg – uneg dan permintaan – permintaan dengan lepas kepada Bupati

Terpantau juga Bupati Anas di layar proyektor dan televisi merespon dengan baik, ada yang bersifat arahan, mengakomudir usulan dan permintaan, dan sesekali lempar candaan. Sepertinya peserta Musrenbangdes di seluruh desa se Kabupaten Banyuwangi antusias sekali berinterktif dengan Bupati Anas. Mereka bertahan mengikuti sampai hampir larut malam di kantor desa masing – masing. (rh35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *