Pemkab Jombang Sambut Bulan Ramadhan Dengan Gunungan Apem

Kabaroposisi.net | Jombang – Gunungan apem dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan diarak dari Kantor Pemkab jalan Wahid Hasyim menuju Pendopo Kabupaten Jombang dan dilanjutkan menuju alun alun. Dihadir Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab didampingi Sekretaris Daerah Agus Purnomo, Ketua DPRD Jombang H. Mas’ud Zuremi, perwakilan Forkopimda, Kepala OPD terkait, Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan beserta jajaran dan segenap TP PKK kabupaten Jombang. Selasa (21/03/2023)

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab ketika sambutan menyampaikan bahwa akan mengevaluasi tumpengan apem. Karena tahun ini tumpengan apem yang dibagikan kepada masyarakat persiapannya kurang.

“Nanti ke depan semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah) harus mengeluarkan tumpeng apem yang dihias. Sehingga menyemangati Megengan tahun berikutnya, ” tutur Bupati.

Lanjutnya, selama dua tahun acara tumpengan apem tidak dilaksanakan secara terbuka. Namun, dilaksanakan di dalam Pendopo bersama Gubernur Jawa Timur.

“Sebelumnya kita sudah melakukan tumpeng apem, sedekah apem untuk menyongsong bulan Ramadhan. Dimana pelaksanaan tumpeng apem biasanya dilaksanakan di depan GOR, bahkan sebelum covid, sempat diarak dari Ringin Contong ke alun-alun. Untuk tahun depan akan kita laksanakan lebih semarak lagi,” ujar Bupati.

Bupati juga menjelaskan sebagai umat Islam menyambut bulan Ramadhan mengadakan Megengan mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Jombang untuk bisa menahan diri, hawa nafsu dan menata hati dalam melaksanakan bulan suci Ramadhan.

“Sesuai hasil rapat bersama forum kepemimpinan daerah dan seluruh elemen masyarakat di ruang Bung Tomo salah satunya berisi tentang keharusan menjaga kondisi kabupaten Jombang selama bulan Ramadhan. Pertama, menghormati orang yang menjalankan ibadah puasa. Kedua, saya berharap masyarakat selalu menjaga kondusifitas dalam kenaikan harga dan mari kita jaga keamanan keluarga masing-masing. Dan bagi masyarakat Jombang yang ingin membeli berbagai macam kuliner bisa datang di bazar Ramadhan di jalan Gus Dur yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi Kabupaten Jombang, ” pungkas Bupati Mundjidah Wahab mengakhiri sambutannya. (sap)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *