PKM Tim Dosen Prodi PIPS Unesa Sebar Praktik Literasi Pada Guru Sekolah Penggerak Jenjang SMP Di Wilayah Bangkalan

BANGKALAN | Kabaroposisi.net – Melalui semangat pengabdian kepada masyarakat (PKM), tim dosen PIPS Unesa bersama dengan 12 sekolah penggerak jenjang SMP di Kabupaten Bangkalan mengadakan praktik literasi menggunakan model LOK-R sebagai implementasi kurikulum merdeka.

PKM salah satu pilar penting dari tridarma perguruan tinggi, termasuk penilaian indikator kriteria utama (IKU) dosen beraktivitas di luar kampus.

Kegiatan berlangsung di Aula Penginapan Syariah Ikhlas Beramal Kemenag Kabupaten Bangkalan pada hari senin (21/08/2023). Turut hadir dalam giat tersebut, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, Kepala Bidang SMP, 2 Pengawas,12 Kepala Sekolah (Kepsek) dan 37 Guru.

Praktik baik ini dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan, Zainul Qomar,. S.Ag., M.Si. mewakili Kepala Dinas Pendidikan yang berhalangan hadir pada acara tersebut.

Dr. Nuansa Bayu Segara, Korprodi yang memimpin PKM tim Unesa mengatakan, praktik literasi menggunakan model LOK-R direspon positif oleh para guru yang mengikuti kegiatan tersebut.

“Para guru SMP sekolah penggerak di kabupaten Bangkalan sangat antusias dan merespon positif praktik literasi menggunakan model LOK-R,” ujar Dr. Nuansa Bayu Segara. Senin (21/08/2023).

Program PKM PIPS Unesa ini tidak hanya memberikan manfaat kepada 12 SMP sekolah penggerak dan guru-guru pilihan namun praktik baik ini akan ditularkan pada rekan sejawat di sekolah masing-masing.

Program ini selaras dengan gerakan literasi yang dicanangkan pemerintah pusat terkait dengan peningkatan hasil belajar Asesmen Nasional di kabupaten Bangkalan

Nuansa Bayu Segara menegaskan pihaknya akan terus berupaya untuk memberikan kontribusinya dalam meningkatkan mutu pendidikan di wilayah Kabupaten Bangkalan.

“Tim dosen PIPS Unesa berkomitmen untuk terus membantu meningkatkan mutu sekolah dan guru SMP di kabupaten Bangkalan sesuai dengan tugas, pokok, dan fungsi,” tuturnya.

Holili, M.Pd.I, kepsek SMPN 3 BURNEH sekaligus koordinator PSP Angakatan ke-2 SMP Kabupaten Bangkalan, menyampaikan respon positif terkait adanya MOU yang sudah berjalan dengan Unesa.

Ia mengatakan, kerjasama ini memberikan peluang yang bagus untuk para guru yang ada di sekolah penggerak angkatan ke-2 SMP Kabupaten Bangkalan dalam mengembangkan kompetensinya, khususnya dalam menyusun modul ajar dan teknik mengajarnya.

Selain itu dirinya berharap kedepannya, kerjasama tersebut dapat terus berjalan dan dapat memaksimalkan kompetensi mutu pendidikan guru, yang ada di wilayah Bangkalan.

“Ini sebenarnya sudah ada MOU antara PSP angkatan ke-2 dengan Unesa, maka ini inginnya terus berkelanjutan dengan program-program yang lebih mendasar ke kebutuhan peningkatan kompetensi guru,” ungkap Holili. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *