Ketua BPD Pimpin Langsung Sertijab Kepala Desa Kemiri

Kabaroposisi.net (Banyuwangi)

Ketua BPD Kemiri Kecamatan Singojuruh Banyuwangi, Adi Cahyono, S.Sos.,SH.,MH. Sehari pasca Pengucapan Sumpah dan Pelantikan Kepala Desa terpilih oleh Bupati Banyuwangi Rabu 20/11/2019 kemarin. Hari ini Kamis 21/11/2019 adakan kegiatan Serah Terima Jabatan Kepala Desa Kemiri, dari Pj. Kades Muhammad Suparlan kepada Kepala Desa definitif Panti Utomo untuk masa jabatan 2109 – 2025.

Dihadirkan dalam acara tersebut Camat Singojuruh Muhamad Lutfi, S.Sos.,M.Si, unsur BPD, LPMD, Ibu – ibu PKK, Karang Taruna, Panitia Pilkades dan para Ketua RT/RW se Desa Kemiri. Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaaan Indonesia Raya dilanjutkan pembacaan berita acara Serah Terima Jabatan Kepala Desa oleh Ketua BPD Adi Cahyono, S.Sos.,SH.,MH. Setelahnya dilakukan prosesi penanda tanganan berita acara oleh Pj. Kades dan Kepala Desa definitif disaksikan oleh Camat, Ketua BPD, dan 2 orang saksi dari tokoh masyarakat.

Camat Singojuruh Muhamad Lutfi, S.Sos.,M.Si dalam sambutannya mengawali dengan ucapan selamat atas dilantiknya Panti Utomo sebagai Kepala Desa Kemiri. Ada beberapa hal yang disampaikannya, yang pertama harapan mudah –  mudahan kedepan semua bisa “Noto Ati” ( menata hati ). Dalam artian kedepan harus lebih meningkat dan lebih tertib. Camat Lutfi juga apresiasi kepada ibu ibu PKK Kemiri yang sangat kompak. Terkait dana ADD dan DD Camat mengatakan.

“Tolong untuk Dana DD dan ADD karena ini bukan dana PAD maka gunakan DD/ADD untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa. Pemberdayaan ibu – ibu yang paling penting. Perlu kami informasikan setelah kami konsultasikan bersama Pj. yaitu untuk pembangunan kreatif pemuda disilpakan untuk digunakan yang lebih besar lagi. Jadi kerja tidak main  dengan dana yang besar tapi dengan pendapatan yang besar dengan sebuah promosi yang nampak dari sebuah wilayah”, ungkapnya.

Ucapan selamat juga disampaikan oleh Pj. Kades Muhammad Suparlan untuk Kepala Desa definitif Panti Utomo. Pada kesempatan tersebut Suparlan berpamitan kepada seluruh jajaran Pemerintah Desa Kemiri, BPD, LPMD, Ibu – ibu PKK, para RT/RW, dan Karang Taruna. Permohonan maaf juga disampaikan bila selama 18 bulan menjabat selaku Pj. Kades Kemiri, ada banyak hal yang kurang berkenan atau tidak memuaskan masyarakat Desa Kemiri. Selebihnya Suparlan lebih banyak ajak hadirin bercanda dengan kilas balin pengalamannya selama jadi Pj. Kades Kemiri.

Kepala Desa definitif Panti Utomo dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya terpilih sebagai Kepala Desa ke dua kalinya. Bukan karena dirinya orang hebat dan terbaik, melainkan semata – mata karena ditakdirkan oleh Allah Swt.

“Saya terpilih kembali jadi Kepala Desa ini bukan karena saya orang hebat dan terbaik, tetapi karena memang Allah Swt menakdirkan saya untuk kembali lagi memimpin di Desa Kemiri. Artinya saya yakini bahwa siapapun tidak bisa melawan takdir Allah. Oleh karena itu, ini adalah tanggung jawab saya bagaimana desa Kemiri ke depan lebih baik dari sekarang. Lupakan persoalan yang sudah – sudah, mari kita fokus bersama – sama membangun desa kita lebih maju lagi,” ujarnya.

Dikonfirmasi berbeda Adi Cahyono, S.Sos.,SH.,MH Ketua BPD Kemiri yang diketahui juga berprofesi sebagai Advokat ( Pengacara ). Dan kabarnya sudah menyelesaikan desertasi yang sebentar lagi akan sandang gelar DOKTOR ilmu hukum itu. Kepada awak media memberikan keterangannya,

“Sebagaimana saya sampaikan sebelumnya mas, bahwa saya tetap pada komitmen awal yaitu mengantarkan dan kawal Panti Utomo sampai pada pelantikan. Itu wajib hukumnya karena Panti Utomo produk Pilkades yang demokratis dan dipilih langsung oleh rakyat Kemiri. Selaku BPD saya bergarap Panti Utomo 6 tahun ke depan mampu membawa perubahan lebih baik”, tuturnya.

Acara ditutup dengan doa dilanjutkan jabat tangan ucapan selamat dari hadirin kepada Panto Utomo. Dan yang menarik diujung acara mantan Pj. Kades Muhammad Suparlan dan istri dihujani bingkisan sebagai kenang – kenangan beberapa pihak. (rh35/ktb).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *