Ketua DPRD Kabupaten Jombang Pimpin Rapat Pansus, Terkait Perumda Yang Merugi

KABAROPOSISI.NET|Jombang, – Diketahui sebelumnya, 2 perumda milik Pemkab Jombang itu menjadi sorotan kalangan legislatif dikarenakan PAD (pendapatan asli daerah) yang dihasilkan tidak menguntungkan atau merugi.melihat seperti hal tersebut maka Pansus (panitia khusus) DPRD Jombang menyetujui penyertaan modal Perumda (perusahaan umum daerah) Perkebunan Panglungan dan Aneka Usaha Seger.

Hal ini disampaikan oleh Mas’ud Zuremi ketua DPRD Kabupaten Jombang ketika diwawancarai usai Pimpin rapat beserta anggota dewan dengan kepala dinas dan Direktur Perumdam, Rabu (6/4/2022)

Bacaan Lainnya

Lanjut Mas’ud Zuremi, besaran modal yang akan disertakan mengalami pemangkasan, untuk Perumda Aneka Seger yang semula meminta suntikan modal Rp 13 miliar disetujui menjadi Rp 8,4 miliar.

Menurut Mas’ud Zuremi, Setelah kajian-kajian dan kita pangkas, disesuaikan yang prioritas dulu, akhirnya menjadi 8,4 miliar untuk Aneka Usaha Seger dan 7,9 miliar untuk Perkebunan Panglungan.

“Salah satu hal yang menjadi pertimbangan pansus DPRD Jombang menyetujui penyertaan modal adalah berkaca pada 2 perumda lainya, yakni Perumdam Tirta Kencana dan Bank Jombang yang dulu sempat mengalami kondisi yang buruk, namun 2 perumda tersebut kembali normal berkat kerjasama DPRD dan Pemerintah Daerah Kabupaten Jombang. DPRD memiliki sifat kontrol kepada perumda milik pemerintah daerah, Mas’ud menegaskan jika kinerja perumda masih saja buruk maka DPRD siap merekomendasikan pemecatan Direktur Perumda tersebut,” katanya

Mas’ud menambahkan, proses pembahasan modal 2 perumda milik pemerintah Kabupaten Jombang ini masih panjang. Mulai dengan membentuk Raperda (rancangan peraturan daerah) hingga menjadi Perda (peraturan daerah).

“Proses panjang sampai dengan penetapan raperda ini menjadi peraturan daerah, ada yang namanya nota, pandangan umum dari bupati, kemudian ada jawaban dari DPRD, kemudian pandangan akhir daripada bupati, ini dari proses penetapannya,” imbuhnya (SAP)

Pos terkait