RIBUAN JAMAAH HADIRI TABLIQH AKBAR DAN SHOLAWAT ACARA BERSIH DESA SOBONTORO

KABAROPOSISI.NET |Tulungagung, –  Puncak acara Kegiatan Bersih Desa yang dilaksanakan Desa Sobontoro dengan menggelar acara Tabligh Akbar Sholawat serta Pengajian bersama Ustad KH. Agus Muhammad Iqdam atau yang akrab dipanggil Gus Iqdam dipadati oleh ribuan jamaah dari berbagai desa yang ada di Kabupaten Tulungagung. Acara yang digelar

Di depan Balai Desa Sobontoro Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung pada Jum,at Malam (7/7/2023) tersebut merupakan puncak rangkaian acara Bersih Desa.

Bacaan Lainnya

Acara tersebut dilaksanakan oleh Alumni serta Santri Pondok Pesantren Tebuireng Jombang melalui Organisasi Pemuda Islam Thoriqul Huda (OPITH) yang bekerjasama dengan Pemerintah Desa Sobontoro.

Tulungagung yang kebetulan para santri sedang melakukan kegiatan semacam KKN di Desa Sobontoro.

Kepala Desa Sobontoro, H. Sodik yang juga Alumni Pondok Pesantren Tebu Ireng mengatakan,” Jadi benar bahwa santri santri ini sengaja belajar untuk mengabdikan diri kepada masyarakat, hingga saat malam hari ini dengan memberikan pengajian Akbar bersama Gus Iqdam.”

Dalam sambutanya Kepala Desa Sobontoro, H. Sodik Afandi S.Sos yang juga merupakan alumni Ponpes Tebuireng tahun 1997 menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang hadir dan mendukung adanya acara kegiatan bersih desa ini.

” Saya selaku kepala desa sangat mengapresiasi kegiatan Tabligh Akbar pengajian dan sholawatan ini yang merupakan inisiatif dari para tokoh-tokoh agama dan tokoh masyarakat di Desa Sobontoro. ” Ucapnya.

Gus Iqdham di Sobontoro

” Bahwa kegiatan bersih desa ini merupakan acara rutin desa yang diselenggarakan setiap tahun , yang menurut filsafah jawa bersih desa berarti mebersihkan desa dari segala perbuatan yang kurang baik, dan setelah diadakan bersih desa ini diharapkan terciptanya masyarakat yang bisa mewujudkan ketenangan dan kesejukan, rasa aman dan kondusif dalam kehidupan bermasyarakat yang maju, mandiri dan sejahtera. ” imbuh H. Sodik.

Menurutnya kegiatan bersih desa yang dilaksanakan dengan menggelar kegiatan Sholawat dan Pengajian seperti ini sangatlah baik dan membanggakan , tidak hanya hubungan kita dengan Allah tetapi juga bersama akan membangun silaturahmi antar sesama.

Kades Sobontoro juga menyampaikan bahwa Seluruh serangkaian kegiatan acara bersih desa Sobontoro pada hari sebelumnya juga telah diadakan kenduri selamatan disertai doa bersama di balai Desa, dan dilanjutkan khataman Al Qur’an di semua masjid ataupun mushola yang ada di Desa Sobontoro.

Diakhiri dengan Festival sholawat Al Banjari dan Pengajian oleh Gus Iqdam di malam hari hingga selesai dengan aman dan lancar.

“Kami berharap serangkaian dengan adanya kegiatan puncak acara bersih desa ini khususnya masyarakat desa Sobontoro dan masyarakat Tulungagung pada umumnya agar selalu diberikan keberkahan, keselamatan, kesehatan, rezeki melimpah dan dijauhkan dari segala konflik perselisihan maupun dijauhkan dari segala mara bahaya dan bencana serta selalu dalam perlindungan Allah SWT.” pungkasnya.

 

Dalam acara tersebut selain dihadiri Kepala Desa Sobontoro, H. Sodik Efendi beserta seluruh perangkat dan staf juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Tulungagung dari Gerindra, H. Ahmad Baharudin, Seluruh Kades Sekecamatan Boyolangu,TNI, POLRI, BPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Karang Taruna, Para santri, serta tamu undangan lainya. Walaupun sebelum acara puncak Siraman Rohani oleh Gus Iqdam diguyur hujan, namun para jamaah tetap semangat mengikuti Tabligh Akbar tersebut sampai selesai. (yd)

Pos terkait